Pentingnya Menambah Sumber Penghasilan Selain Kerja

Aug 16, 2021 19:21

Meta Description: Agar finansial tetap stabil, menambah sumber penghasilan selain kerja merupakan solusi terbaik. Penghasilan sampingan apa saja? Simak artikel berikut.

Dampak dari pandemi membuat semua orang merasakan ketidakpastian, salah satunya segi pendapatan. Tidak heran jika saat ini banyak orang melakukan berbagai macam cara agar pendapatan tetap bertambah dan kebutuhan tetap terpenuhi.

Yup, di tengah ketidakpastian ini tidak ada salahnya kamu mencari sumber penghasilan lain di luar pekerjaan yang kamu geluti. Selain bisa menambah penghasilan, pekerjaan sampingan ini juga bisa mendatangkan keuntungan lho. Kira-kira apa saja sumber penghasilan yang bisa kamu coba hanya dari rumah? Simak artikel ini terus ya.

Bentuk-bentuk Sumber Penghasilan Sampingan

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan modal lho. Bahkan beberapa sumber penghasilan saat ini juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan bagi kamu yang sudah memiliki pekerjaan. Sebab, pekerjaan sampingan tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan tetap kamu nantinya. Penasaran apa saja pekerjaan yang sifatnya fleksibel dan bisa menambah penghasilan? Berikut rangkumannya:

1. Membuka Bisnis Online

Bisnis online merupakan pekerjaan yang fleksibel dan cukup menjanjikan untuk menambah penghasilan. Tapi jika kamu merupakan pemula dan tidak memiliki modal, maka jadilah seorang dropshipper.

Dropshipper merupakan istilah untuk seseorang yang menjual produk milik orang lain tanpa perlu menyetok barang terlebih dahulu. Jadi, sistem pekerjaan ini adalah kamu harus menjalin kerja sama dengan supplier dan mempromosikannya lewat sosial media.

Ketika ada pembeli yang tertarik, kamu bisa menghubungi supplier dan mereka akan mengirimkan pesanan tersebut kepada pembeli. Keuntungan seorang dropshipper diperoleh dari harga jual yang telah ditentukan, biasanya selisihnya tidak begitu jauh dari harga supplier.

Selain menjadi dropshipper, kamu juga bisa mencoba jadi reseller. Seperti namanya, sistem pekerjaan ini adalah menjual kembali produk yang dibeli. Dibanding dropshipper, reseller jauh lebih berisiko karena memerlukan modal untuk menyetok barang dan belum tentu semuanya akan laku terjual.

2. Menjadi Freelance

Freelance atau pekerjaan lepas merupakan jenis pekerjaan kekinian dan sangat fleksibel. Biasanya orang-orang yang tertarik dengan pekerjaan ini adalah anak sekolah, anak kuliah, hingga para pekerja kantoran.

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang sistemnya freelance, seperti penulis artikel, desain grafis, fotografer, dan lainnya. Pekerjaan freelance ini cocok untuk orang-orang yang memiliki kesibukan lain tapi ingin menambah penghasilan, apalagi dalam kondisi seperti saat ini.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, pilihlah jenis freelance yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Contohnya, jika kamu memiliki bakat menulis dan cukup up to date, maka jadilah penulis artikel.

3. Menjadi Blogger

Sektor blogging saat ini memang cukup populer dan menarik untuk dicoba. Yup, selain fleksibel, pekerjaan blogging juga bisa menambah penghasilan dalam jumlah besar. Sumber penghasilan dari seorang blogger berasal dari Google Adsense, Afiliasi, Endorsement, dan lainnya.

Pekerjaan blogging berkaitan dengan hobi. Jika kamu hobi kulineran, maka buatlah blog yang bertema kuliner. Selain bisa menikmati makanan, penghasilan kamu juga akan bertambah jika blog milikmu banyak pengunjungnya.

Manfaat dari Sumber Penghasilan Lain

1. Finansial Stabil

Dengan menambah pekerjaan sampingan, tentu saja kamu akan mendapatkan penghasilan. Buat kamu yang sudah memiliki pekerjaan tetap, dengan adanya penghasilan tambahan ini akan membuat finansial kamu lebih stabil. Selain bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu juga bisa menabung lho.

2. Menambah Pengalaman Baru

Tidak hanya membuat finansial jadi lebih stabil, manfaat yang akan kamu dapatkan selanjutnya adalah menambah pengalaman baru. Tentu saja pengalaman ini tidak kamu temukan dalam ruang lingkup kantor kamu.

Semakin banyak pengalaman yang kamu dapatkan, maka semakin seru perjalanan karir kamu nantinya. Tapi ingat, jangan pernah menyerah meskipun harus menghadapi pengalaman yang kurang mengenakan ya.

3. Menambah Skill Baru

Selain pengalaman, kamu juga akan mendapat skill baru dari sumber penghasilan lain tersebut. Skill yang akan kamu dapatkan nantinya bisa berupa soft skill atau hard skill. Bahkan kemungkinan besar kamu akan mendapatkan kedua skill tersebut lho. Tentu saja ini menjadi keuntungan buat kamu untuk kedepannya.

4. Menambah Relasi Baru

Terakhir, kamu akan mendapat koneksi atau relasi baru selain rekan-rekan kamu di kantor. Relasi ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapat pekerjaan tambahan lainnya yang lebih menggiurkan. Jadi, jangan hanya fokus menyelesaikan pekerjaan, tapi juga jalinlah hubungan baik dengan orang-orang terdekat ya.

Penghasilan dari Blogging Cukup Menggiurkan

Di antara sumber penghasilan yang sudah disebutkan di atas, pekerjaan blogging lebih menggiurkan. Selain hanya bermodalkan hobi, pekerjaan ini juga menghasilkan uang yang banyak. Bahkan dalam jangka waktu yang panjang, blogging akan semakin berkembang dan banyak peminatnya.

Nah, untuk menunjang kebutuhan blogging, kamu bisa memanfaatkan Niagahoster. Mengapa? Karena Niagahoster menyediakan banyak promosi yang sangat menarik, seperti promo domainhosting, dan VPS yang bisa menunjang kebutuhan blogging kamu nantinya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk tambah penghasilan kamu dengan menjadi blogger

Topik
pengelolaan keuangan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru