Meriahkan HUT Kemerdekaan ke 76 RI, Disdikbud Bakal Gelar Perlombaan secara Daring

Aug 16, 2021 19:16
Ilustrasi perlombaan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 76 RI (jabarsatu)
Ilustrasi perlombaan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 76 RI (jabarsatu)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, tetap akan memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia meskipun di masa pandemi Covid-19. Namun upaya memeriahkan tersebut bukan dengan menggelar kegiatan secara offline, melainkan dilakukan dengan daring.

“Berbagai kegiatan satuan pendidikan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI akan digelar secara daring," ungkap Kepala Dikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM, Senin (16/08/2021).

Kegiatan tersebut, di antaranya adalah beragam jenis perlombaan yang nantinya akan dikemas semenarik dan se-kreatif mungkin untuk membuat perayaan HUT RI ke 76 semakin semarak. 

Adapun macam-macam perlombaan yang digelar, di antaranya seperti perlombaan menggambar, perlombaan menyanyi, perlombaan membaca puisi, lomba mewarnai, lomba fotogenic nusantara, lomba video pendek dan lomba lainnya.

Dengan beragam jenis lomba tersebut, diharapkan bisa semakin menambah dan menjaga rasa nasionalisme para generasi penerus bangsa. Sebabnya, rasa nasionalisme tersebut merupakan hal yang penting yang harus dimiliki para generasi penerus.

“Ini mampu menjaga nasionalisme pada diri peserta didik yang notabene merupakan generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Bukan hanya dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme semata, namun, adanya berbagai macam perlombaan tersebut tentunya juga akan mampu ikut mempererat antara hubungan orang tua dengan anaknya.  Nantinya ketika akan mengikuti perlombaan, para siswa akan didampingi oleh orangtua masing-masing.

"Selain menumbuhkembangkan nasionalisme, mengeksplorasi potensi, kreasi dan inovasi, melalui kegiatan ini bisa sebagai media mempererat kedekatan orangtua dengan buah hati. Tanpa peran serta orang tua, kegiatan perlombaan juga tak akan berjalan lancar," terangnya.

Terakhir, pihaknya menyampaikan, jika dalam peringatan HUT RI ke 76 ini, menjadi momentum dalam meningkatkan rasa nasionalisme serta semakin mempererat persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa dan mampu melewati masa sulit pandemi Covid-19.

"Ini momen menumbuhkan semangat, mempersatukan diri bahu-membahu mengatasi pandemi, agar kita segera merdeka belajar tatap muka di sekolah," pungkasnya.

Topik
bundesa larasatilomba kemerdekaankpm bondowosoDisdikbud Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru