Progres Pemindahan Isoman ke Isoter, Pemkot Batu Tengah Mapping Kondisi Pasien Isoman

Aug 16, 2021 18:56
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama forum komunikasi daerah saat berada di depan Isoter YPPII. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama forum komunikasi daerah saat berada di depan Isoter YPPII. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

BATUTIMES - Setelah Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19, rapat koordinasi evaluasi digelar di Korem 084/Bhaladika Jaya di Kota Malang, hasilnya tidak diperbolehkan adanya isolasi mandiri.

Mengetahui hasil dari kunjungan tersebut, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sepakat untuk menjalankan arahan tersebut pada Jumat (13/8/2021). Namun hingga saat ini Senin (16/8/2021) terpantau masih ada pasien konfirm positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Rupanya Dinas Kesehatan Kota Batu tengah melakukan penyusunan terkait hal tersebut kepada Satgas Covid-19 Kota Batu. “Dinas Kesehatan masih akan menyusun rekomendasi ke Satgas Covid-19 Kota Batu,” ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto.

Ia menambahkan, penyusunan rekomendasi yang sedang digarap itu terkait dengan pemindahan pasien konfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Saat ini Dinas Kesehatan Kota Batu tengah berproses melakukan mapping kondisi pasien yang isolasi mandiri.

“Dalam hal ini perihal pemindahan tersebut, setelah dilakukan mapping kondisi pasien isolasi mandiri," imbuhnya, Senin (16/8/2021). Pemindahan pasien isolasi mandiri ke shelter pun diharapkan secepatnya.

“Targetnya secepatnya dapat diselesaikan permasalahan di lapangan,” ujar pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, bagi seluruh warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 harus masuk isolasi terpusat di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. “Jadi semua yang terkonfirm harus masuk isoter itu intinya,” ucapnya.

Hal tersebut harus dilakukan sesuai dengan arahan Menko dan Menkes saat rakor evaluasi di sana. Sebab dengan isolasi mandiri menyebabkan situasi dan kondisi kurang terkontrol.

“Kemudian bisa cepat menularkan kepada keluarga atau orang sekitarnya. Jadi lebih baik harus isolasi mandiri,” ujar istri Eddy Rumpoko ini. Upaya itu harus dilakukan demi menurunkan angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu.

Topik
Covid 19Gugus Tugas Covid 19 Kota Batucovid 19 kota baturs wisma atlet
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru