Viral Wisatawan Terobos Pintu Masuk TNBTS, Begini Penjelasan Petugas

Aug 16, 2021 18:53
Salah satu adegan saling dorong antara pengendara motor nekat dengan petugas jaga di Pos Jemplang (foto: potongan video Instagram)
Salah satu adegan saling dorong antara pengendara motor nekat dengan petugas jaga di Pos Jemplang (foto: potongan video Instagram)

MALANGTIMES - Baru-baru ini viral di media sosial Instagram seorang wisatawan nekat akan menerobos palang pintu Pos Jemplang atau salah satu pintu masuk ke kawasan wisata Gunung Bromo. Bahkan, beberapa petugas yang menghalangi sempat dilawan oleh pria yang mengenakan jaket kulit itu.

Video yang diunggah akun Instagram bernama @widiansinggih itu menunjukkan rekaman berdurasi sekitar 30 detik. Bahkan karena viralnya, video itu telah dilihat oleh ribuan orang.

https://www.instagram.com/p/CSmI6IMBbON/?utm_medium=share_sheet (link Instagram video) 

Pada video itu terekam jelas seorang pengendara motor yang sudah dihalau petugas untuk tidak memasuki kawasan wisata Gunung Bromo dan justru melawan. Bahkan, petugas juga sempat akan bersitegang dengan pengendara motor tersebut.

Adu mulut juga tidak bisa terhindarkan dari peristiwa tersebut. Padahal, terdengar bahwa pengendara motor telah mengetahui jika kawasan wisata Gunung Bromo ditutup.

“Ini salah satu pengunjung Bromo yang tidak taat aturan...Bromo masih tutup untuk wisata, malah memaksa masuk dengan menerobos portal dengan sepeda di paksa melewati portal. Selain itu malah terkesan menantang petugas saat diperingatkan..lokasi Bromo Pos Pintu Jemplang Kabupaten Malang,” tulis @widiansinggih dalam postingannya, Minggu (15/8/2021). 

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) selaku pengelola melalui Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas, Sarif Hidayat membenarkan adanya peristiwa tersebut. “Iya benar, kejadian kemarin,” ucap Sarif melalui pesan WhatsApp.

Dari keterangan yang diterima Sarif, memang ada insiden dibuat oleh sekelompok pemotor yang nekat akan masuk kawasan TNBTS. Namun sempat dihadang oleh petugas yang berjaga, dan diberikan arahan untuk putar balik.

“Intinya ada sekelompok pemotor yang memaksa untuk masuk ke jalur Bromo. Oleh petugas diberikan arahan penjelasan bahwa kunjungan wisata masih ditutup dan pemotor tersebut diminta untuk kembali atau tidak boleh masuk wisata TNBTS,” jelas Sarif.

Sarif pun tak memungkiri bahwa sempat terjadi insiden memanas antara petugas dengan pemotor yang nekat untuk masuk. Namun hingga kini belum diketahui identitas pengendara itu.

“Tapi dinamika di lapangan ada semacam situasi memanas seperti di video tersebut,” sambungnya.

Dengan adanya insiden itu, Sarif berharap tidak terulang lagi untuk kedua kalinya. Sebab, saat ini TNBTS juga berupaya untuk membantu peran pemerintah dalam mengurangi angka penyebaran covid-19 dengan melakukan penutupan wisata Gunung Bromo pada masa PPKM.

“Kebijakan ini semata untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengendalikan penyebaran covid-19 di Indonesia, sekaligus kenyamanan dan keamanan pengunjung TNBTS,” pungkas Sarif.

Topik
Gunung Bromowisata gunung bromogunung bromo tutupwisata tnbtsperedaran narkoba trenggaleksebutan jokowi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru