Pemkot Malang Targetkan per Hari 50 Pasien Isoman Pindah ke Isoter

Aug 16, 2021 16:08
Bed untuk pasien Covid-19 di safe house Jl Kawi Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Bed untuk pasien Covid-19 di safe house Jl Kawi Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam penanganan Covid-19 terus dioptimalkan. Guna menekan angka kasus, perlahan pasien-pasien yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) dipindahkan ke tempat isolasi terpusat (isoter).

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, setidaknya setiap harinya ditargetkan 50-70 pasien masuk ke isoter. Tentunya dengan berbagai pertimbangan, dan beberapa persyaratan. "Hari ini kita rencanakan 50 sampai 70 ke Isoter," ujarnya, Senin (16/8/2021).

Langkah ini diambil menindaklanjuti permintaan pemerintah pusat yang disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan. Di mana, pasien-pasien isoman untuk dipindahkan ke tempat isoter agar mendapatkan penanganan kesehatan yang optimal.

Namun, di Kota Malang ada beberapa syarat bagi pasien yang bisa masuk ke isoter. Sebab, dalam hal ini pasien harus dalam kondisi OTG (Orang Tanpa Gejala) dan gejala ringan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif.

Salah satu syaratnya, kondisi saturasi oksigen pasien Covid-19 harus di angka 95 ke atas. "Jadi yang masuk ke isoter yang mandiri, artinya bisa mengurus diri sendiri. Bisa mandi sendiri, makan sendiri dan lain sebagainya. Kemudian, yang memang saturasinya harus minimal 95," jelasnya.

Sementara ini, menurut Husnul, pasien-pasien Covid-19 akan ditempatkan di isoter safe house Jl Kawi. Adapun, tempat isoter lainnya, hingga saat ini masih dalam tahap penataan dan kelengkapan sarana prasarana penunjang lainnya.

"Sementara kita pusatkan di Jl Kawi. Untuk penambahan, sedang kita jajaki kondisinya seperti apa, penambahan apa yang masing kurang kita lengkapi untuk isoter," tandasnya.

Untuk diketahui, Pemkot Malang menyiapkan setidaknya 388 bed isoter yang terbagi di beberapa tempat. Di antaranya di safe house Jl Kawi sebanyak 246 bed, SKB (Sanggar Kegiatan Bersama) Blimbing ada 26 bed, Rusunawa di Kedungkandang yang memiliki 60 bed, dan VEDC dengan 56 bed.

Sebagai informasi, berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Malang, hingga kemarin (Minggu, 15/8/2021) tercatat penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 67. Kini, total kasus Covid-19 menjadi 13.452.

Pasien yang dinyatakan sembuh, bertambah 196, totalnya 11.307. Pasien meninggal, bertambah 7 orang, kini totalnya 970. Sedangkan, yang masih dalam pemantauan sebanyak 1.175.

Topik
Walikota Malangbupati fauzipad kota malang 2022
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru