Jokowi Minta Harga Tes PCR Turun jadi Rp 450-550 Ribu, Gubernur Sumut hingga Iwan Fals Maunya Gratis

Aug 16, 2021 15:52
Presiden Joko Widodo (Foto: NOW! Jakarta)
Presiden Joko Widodo (Foto: NOW! Jakarta)

INDONESIATIMES - Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar harga tes Covid-19 melalui metode polymerase chain reaction (PCR) diturunkan menjadi kisaran Rp 450-550 ribu hingga kini terus menjadi sorotan. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pun turut memberikan tanggapan terkait permintaan Jokowi itu. 

Edy mengatakan penurunan harga tes PCR harus dikaji lagi dan  mengatakan hal itu adalah urusan perdagangan.

"Perlu dikaji ahlinya, saya tak mengerti, itu urusan dagang," ucap Edy. 

Edy mengatakan hal itu setelah mendengarkan sidang tahunan MPR RI secara virtual. Terkait hal ini, Edy justru berharap agar tes PCR dilakukan secara gratis.

"Maunya kalau saya gratis, bukan turun," tuturnya.

Lebih lanjut, Edy mengatakan jika ketersediaan sejumlah obat-obatan untuk pasien Covid-19 di Sumut juga sudah mulai habis di beberapa rumah sakit. Ia mengatakan obat-obatan itu akan segera dikirim oleh pemerintah pusat.

Selain, Gubsu Ady sorotan juga datang dari musisi legendari Iwan Fals. Awalnya, Iwan Fals mengucap syukur atas perintah dari mantan Wali Kota Solo itu. 

"Alhamdulillah," tulis Iwan Fals di Twitter.

Kendati demikian, pelantun lagu Bento itu masih menaruh harapan lebih besar agar biaya tes PCR tidak lagi dibebankan ke masyarakat.

"Tapi lebih Alhamdulillah lagi kalau gratis kayak vaksin Pak," lanjut Iwan Fals.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memerintahkan agar harga tes Corona metode PCR diturunkan. Jokowi meminta agar biaya tes PCR di kisaran Rp 450-550 ribu.

"Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran antara Rp 450.000 sampai Rp 550.000," kata Jokowi dalam keterangannya melalui kanal YouTube Setpres, Minggu (15/8/2021). 

Jokowi juga meminta hasil tes PCR Covid-19 dapat diterima dengan cepat, yakni 1x24 jam. 

Topik
Presiden JokowiBaju adat Baduy
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru