Giliran 12 Tahanan Polres Batu Dapat Jatah Vaksinasi Covid-19

Aug 15, 2021 19:37
Salah satu tahanan saat mengikuti vaksinasi di Polres Batu. (Foto: istimewa)
Salah satu tahanan saat mengikuti vaksinasi di Polres Batu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Vaksinasi covid-19 bukan hanya diberikan Polres Batu kepada warga Kota Batu. Tetapi, vaksin juga diberikan kepada tahanan yang mendekam di Polres Batu.

Totalnya ada 12 orang tahanan yang mendapatkan suntik vaksin covid-19, Minggu (15/8/2021). Jumlah tersebut didapati setelah para tahanan itu melakukan screening kesehatan sebelumnnya.

Sebelumnya, para tahanan diukur suhu tubuh hingga tekanan darahnya. Jika didapati hasilnya sesuai, tentu mereka bisa mendapatkan vaksinasi covid-19. Sayangnya di antara mereka masih ada yang didapati tidak lolos tes kesehatan.

Dari total ada 33 orang tahanan di Polres Batu, hanya  12 tahanan yang mendapatkan vaksin dosis pertama. Dengan demikian, masih tersisa 21 tahanan yang belum mendapatkan vaksinasi covid-19.

“Nanti kalau sudah lolos tes kesehatan, bisa ikut pada vaksinasi covid-19 pada kesempatan selanjutnya,”  ucap Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo.

Saat keluar tahanan, mereka mendapatkan pengawasan ketat dari petugas Polres Batu. Proses vaksinasi pun berlangsung di halaman Polres Batu.

Kapolres menambahkan, walaupun statusnya tahanan, mereka tetap mendapatkan hak yang sama seperti warga lainnya terkait vaksinasi covid-19. "Tentunya untuk mencegah penyebaran covid-19, khususnya di lingkungan Polres Batu," imbuhnya.

Setelah menyasar kepada warga dan tahanan, rencananya Polres Batu juga akan mendistribusikan dosis vaksin kepada para santri yang berada di pondok pesantren Kota Batu.

Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat target proses vaksinasi covid-19 di Kota Batu. Tentunya untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity)  yang harus tervaksinasi 70 persen atau sekitar sekitar 149,7 ribu sasaran.

Hingga saat ini, jumlah penggunaan vaksin mencapai 45.142 dosis. Cakupannya, dosis pertama 27,37 persen dan dosis kedua 20,16 persen.

Topik
vaksinasi kota batupemakzulan gus durPolres Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru