Jumlahnya Naik, Pemkot Batu Usulkan 2.800 Pelaku Usaha di Kota Batu Dapat BPUM

Aug 15, 2021 18:24
Warga saat menerima bantuan di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Warga saat menerima bantuan di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu mengusulkan sekitar 2.800 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap keempat. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahap sebelumnya.

Dari data Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, penerima bantuan tahap satu sejumlah 2.364 orang. Lalu pada taha kedua turun menjadi 558 orang, dan pada tahap ketiga ada 1.024 orang.

“Penerima pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Diskumdag Kota Batu, Eko Suhartono. 

Ia pun berharap usulan tersebut seluruhnya bisa lolos verifikasi. Sehingga, UMKM yang terdampak selama pandemi covid-19 ini bisa bertahan dan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat tersebut.

Lebih jauh dia menjelaskan jika saat ini proses pendaftaran masih berlangsung. Bagi calon penerima bantuan harus menyertakan syarat KTP, KK dan Keterangan Usaha dari Pemerintah Desa atau Kelurahan.

Bantuan tersebut nantinya akan didapatkan oleh pelaku usaha senilai Rp 1,2 juta. Hanya saja, dia tidak mengetahui kapan bantuan tersebut bakal cair. Nantinya, proses pencairan uang tersebut melalui transfer bank.

Menurutnya, hingga saat ini terdapat beberapa kendala yang sering kali terjadi. Diantaranya terdapat pelaku usaha yang tidak memiliki nomor ponsel maupun akses ke perbankan.

“Karen itu kami akan akan membantu agar mereka terakomodir,” imbuhnya. 

Hingga saat ini, tercatat masih ada yang belum mengambil bantuan sebelumnya. “Kalau informasi dari tim, 25 persen penerima belum mengambil,” ucap Eko.

Sementara itu, bantuan tersebut diberikan untuk membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Tentunya untuk membantu perekonomian warga khususnya di Kota Batu.

Topik
bantuan sosialblt umkmumkm kota batuKota Batupenyaluran bantuan sosial

Berita Lainnya

Berita

Terbaru