Bantu Sulut Rokok, Potret Keakraban Mangkunegara IX dengan Raja Solo PB XII

Aug 15, 2021 10:24
Momen ketika Mangkunegara IX membantu PB XII menyulut rokok.(Foto : Istimewa/Mataram Royal Blood)
Momen ketika Mangkunegara IX membantu PB XII menyulut rokok.(Foto : Istimewa/Mataram Royal Blood)

BLITARTIMES - Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX tutup usia di usia 70 tahun pada 13 Agustus 2021. Wafatnya penguasa Pura Mangkunegaran ini menyisakan banyak kenangan. Salah satunya keakrabanya dengan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, SISKS Pakubuwono (PB) XII.

Pantauan JATIMTIMES, setelah dikabarkan wafat, di sejumlah akun media sosial yang mengulas sejarah Mataram Islam mengupload sejumlah foto KGPAA Mangkunegara IX dengan SISKS Pakubuwono XII. Dari foto-foto itu nampak jelas kedekatan antara dua penguasa Jawa itu.

Salah satu momen yang sangat menyita perhatian adalah ketika Mangkunegara IX sedang menyalakan korek api untuk membantu menyulut rokok PB XII. 

Foto itu dibagikan akun Instagram @mataramroyalblood dan akun Instagram keluarga ndalem Keraton Kasunanan Surakarta Bandara Raden Mas (BRM) Prabu Wasesho.

Dalam foto tersebut, KGPAA Mmangkunegoro IX yang akrab disapa Gusti Djiwo nampak masih sangat muda. Dalam foto itu, Gusti Djiwo mengenakan setelan jas. Sementara PB XII mengenakan baju batik dan blangkon khas Surakarta. Raja Solo itu juga nampak mengenakan kacamata.

Dilansir dari detik.com, salah satu putra PB XII, GPH Suryo Wicaksono atau yang dikenal Gusti Nino, menyampaikan bahwa momen itu terjadi setelah acara peresmian beberapa bangunan keraton yang selesai dipugar. Pemugaran dilakukan karena terjadi kebakaran hebat pada tahun 1985.

"Itu mungkin sekitar tahun 1990, setelah acara peresmian pemugaran keraton. Saat itu Mangkunegara IX sudah menjabat," kata Gusti Nino dilansir JATIMTIMES dari detik.com, Sabtu (14/8/2021).

Masih menurut Gusti Nino,PB XII yang saat itu sedang mau merokok sedang mencari korek api. Salah satu kebiasaan PB XII saat merokok adalah menikmatinya dengan duduk bersantai.

"Sinuhun (PB XII) kalau merokok biasanya duduk. Tapi saat itu beliau ingin berdiri. Beliau lalu mencari korek, kemudian Gusti Djiwo menyalakan korek miliknya," imbuhnya.

Gusti Nino menambahkan, sepanjang hidup Mangkunegara IX dan PB XII dikenal memiliki hubungan yang dekat dan akrab. Bahkan, PB XII sudah menganggap Mangkunegara IX sebagai anaknya sendiri.

"Hubungan keduanya sangat baik, seperti bapak dan anak. Usia Mangkunegara IX saat itu kan masih muda, PB XII itu kan teman ayah dari Mangkunegara IX," ungkapnya.

Dalam beberapa acara keraton pun, PB XII sering mengundang Mangkunegara IX, begitu juga sebaliknya. Salah satunya dalam acara tingalan dalem jumenengan atau peringatan kenaikan tahta raja.

"Seperti acara tingalan dalem jumenengan itu, Mangkunegara pasti hadir kalau tidak berhalangan," tutupnya.

Raja Solo Pakubuwono XII wafat pada 11 Juni 2004 dan dimakamkan di makam raja-raja Mataram di Imogiri. Berselang 17 tahun kemudian tepatnya 13 Agustus 2021, Mangkunegara IX tutup usia dan jenazahnya akan dimakamkan di Astana Girilayu Karanganyar pada Minggu 15 Agustus 2021.

Topik
biodata kgpaa mangkunegara ixkeakraban mangkunegara dan pakubuwonoaturan baru tiktok
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru