Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil Dimulai, Sudah 90 Orang di Kota Batu

Aug 14, 2021 12:23
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksin Covid-19 di Polres Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksin Covid-19 di Polres Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Percepatan vaksinasi terus digenjot Pemkot Batu supaya tahun 2022 mendatang mencapai target 70 persen dari jumlah penduduk. Kali ini vaksinasi dosis pertama sudah mulai merambah pada ibu hamil di Kota Batu.

Vaksinasi dosis pertama dimulai saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan di Malang Raya, Jumat (13/8/2021). Untuk mengawali dosis pertama sudah 90 ibu hamil yang tervaksin Covid-19 di Kota Batu.

“Vaksinasi dosis pertama untuk ibu hamil sudah dimulai pada Jumat sebanyak 90 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari.

Selain vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil, juga dilakukan pemberian nutrisi kepada mereka di Puskesmas Junrejo, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo. “Pemberian nutrisi bagi ibu hamil ini sudah jadi program Pemkot Batu,” imbuhnya.

Hanya saja tidak semua ibu hamil bisa mendapatkan vaksinasi ini, namun ada beberapa syaratnya. Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Beberapa syarat ibu hamil boleh vaksin Covid-19, yakni suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius. Tekanan darah di bawah 140/90 mmHg. Apabila hasilnya di atas 140/90 mmHg, pengukuran diulang lagi 5-10 menit kemudian, apabila masih di atas ambang batas tersebut, vaksinasi Covid-19 ditunda.

Lalu usia kehamilan di trimester kedua, atau di atas 13 minggu. Tidak ada tanda-tanda preeklamsia seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur, dan tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Tidak memiliki riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak, atau bidur di seluruh tubuh.

Bagi ibu hamil dengan penyakit penyerta atau komorbid seperti jantung, diabetes, asma, penyakit paru, HIV, hipertiroid/hipotiroid, penyakit ginjal kronik, atau penyakit liver, penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut.

Kemudian ibu hamil dengan penyakit autoimun atau menjalani pengobatan autoimun seperti lupus, penyakit dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut. Tidak sedang menjalani pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun, dan penerima produk atau transfusi darah.

Selain itu tidak sedang menerima pengobatan imunosupresan seperti kortikosteroid dan kemoterapi. dan tidak terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu tiga bulan terakhir.

Topik
vaksinasi kota batuVaksin Covid 19surat edaran vaksinasi ibu hamiljenis vaksin untuk ibu hamilCovid 19covid 19 kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru