Wali Kota Batu Minta Besok Pasien Positif Covid yang Isoman Dipindah ke Isoter YPPII

Aug 13, 2021 21:01
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Isolasi mandiri (isoman)  sudah dilarang bagi pasien positif covid-19 di Kota Batu. Karena itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memerintahkan supaya Sabtu (14/8/2021) besok seluruh pasien harus pindah ke tempat  isolasi terpadu (isoter).

Isoter itu terletak di di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. 

Isolasi mandiri dilarang setelah adanya rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)  Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kesehatan (Menkes)  Budi Gunadi Sadikin  di korem 084/Baladhika Jaya di Kota Malang, Jumat (13/8/2021).

“Kurang lebih masih 35  pasien konfirm positif di rumah. Besok (Sabtu) yang di rumah akan dipindah ke isoter semua,” ucap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko usai rakor.

Tercatat hingga Jumat, pasien konfirm positif covid-19 di Kota Batu yang isolasi di rumah sakit ada 232 orang. Kemudian ada 50 orang yang isolasi mandiri dan 75 orang isolasi di shelter YPPII. Dengan demikian, ada sejumlah 50 orang Sabtu akan dipindah ke tempat isoter.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala. Biasanya yang jadi kendala orang tidak tahu isoter seperti apa. Mereka sangat tidak mau pindah dari kamar rumahnya karena dianggap paling nyaman. Ini harus kita bujuk,” imbuhnya.

Penjemputan pun harus dilakukan oleh petugas di rumah pasien konfirm positif. Saat ini ada 75 pasien positif covid di isoter YPPII Kota Batu. Dengan demikian, di sana masih tersisa  81 tempat tidur yang kosong dari 156 yang disediakan.

Sementara,  pada Jumat, ada tambahan 43 kasus baru di Kota Batu. Sehingga total yang positif covid selama ini mencapai  2.699 orang. Lalu pada Jumat  ada 16 orang sembuh sehingga jumlah kumulatifnya 2.130 orang.

Topik
Isolasi Mandiriprogram pemulihan ekonomi nasionalGugat BRIPemkot Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru