Kunjungi Isoter YPPII Kota Batu, Menkes dan Menko Marves Kompak Minta Warga Tak Takut Diswab

Aug 13, 2021 15:04
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat berdiskusi dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: istimewa)
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat berdiskusi dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hadir di isolasi terpusat di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu meminta supaya warga tidak takut diswab.

Hal tersebut diungkapkan Budi Gunadi kepada pasien konfirmasi positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di shelter YPPII, Jumat (12/8/2021). 

“Nanti bilangin pada saat pulang ke teman-teman gak usah takut diswab. Aku dengar orang-orang suka takut di swab,” ungkap Budi Gunadi.

Budi Gunadi mengaku banyak warga yang takut diswab, jika hasilnya konfirm positif Covid-19. Padahal jika dengan swab diketahui hasil konfirm positif, penanganan lebih dini jauh lebih baik untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Diswab ketahuan sakit apa enggak dan InsyaAllah kalau ketahuannya lebih dini bisa dirawat bisa sembuh dari pada ditaruh di rumah kemudian terlambat,” imbuhnya.

Melihat saat ini, banyak warga dalam kondisi buruk baru masuk di rumah sakit. Karena faktor ini, Budi meminta supaya warga tidak perlu takut dan cemas. 

“Di rumah sakit itu aku lihat banyak yang terlambat penanganannya. Ya bilangin ke teman-teman jangan takut di swab,” imbuhnya.

Sementara itu Luhut mengimbau supaya jangan takut untuk melakukan swab. Sebab jika tidak diketahui lebih dini bisa mencederai keluarga dan teman sekitar. Jika didapati hasil positif positif malah bisa mendapatkan penanganan yang maksimal dari Pemerintah Kota selama di isoter.

“Kita rawat masuk isoter makan, kamu pasti turun jangan pernah takut diswab jangan pernah  takut diswab. Covid itu kalau tidak diurus dengan baik bisa mencederai,” ucapnya.

Kehadiran kedua menteri tersebut tidak berlangsung untuk melihat kondisi di isoter. Kurang lebih hanya berlangsung selama 10 menit. Sebelumnya mereka juga melihat proses vaksinasi di Puskesmas Junrejo, Kecamatan Batu. Kemudian mereka menuju Kota Malang.

Sedang kegiatan ini juga didampingi oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, Kapolres Batu Catur Cahyono Wibowo, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.

Topik
Luhut Binsar PandjaitanMenkes RIcovid 19 kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru