Tak Banyak yang Tahu, Osama bin Laden Ternyata Gemar Main Video Game, Mario Bros hingga Dragon Ball Z

Aug 13, 2021 10:22
Osama bin Laden (Foto: WELT)
Osama bin Laden (Foto: WELT)

INDONESIATIMES - Siapa sangka, Osama bin Laden ternyata diketahui gemar bermain video game. Bahkan ia kerap memainkan game Mario Bros hingga Dragon Ball Z. 

Kala itu, Navy Seal Team Six yang melakukan serangan terhadap kompleks Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan pada 2 Mei 2011, mereka tidak hanya membunuh pemimpin al Qaeda tersebut. Berpacu dengan waktu sebelum militer Pakistan tiba, tim tersebut dengan cepat menyapu harta karun barang-barang pribadi dari Osama bin Laden. 

Harta pribadi Osama Bin Laden melukiskan gambaran yang lebih lengkap tentang bagaimana jiwa pemimpin yang terkenal kejam dan sangat tertutup. Melansir melalui History.com, terdapat 5 hal tak terduga yang ditemukan di kompleks Osama bin Laden, pendiri jaringan teroris internasional Al Qaeda itu. 

1. Email Bin Laden yang sangat dijaga

Meski tak memiliki akses internet atau saluran telepon di komplek "itu akan menjadi risiko yang terlalu besar bagi keselamatan pribadinya," ujar Bill Roggio dari Long War Journal.

Osama bin Laden merupakan seorang penulis dan komunikator yang produktif dari isolasi yang dipaksakan sendiri. Navy SEAL diketahui telah mengambil sekitar 100 dari data drive, yang mengungkapkan bahwa bin Laden terlibat dalam operasi kritis al Qaeda. 

Bahkan setelah kepemimpinan dunia mengambil tanggung jawabnya telah diserahkan kepada Ayman al-Zawahri. "Email menunjukkan bin Laden tidak menyerahkan kendali operasional atau strategis," kata Roggio.

“Dia mengeluarkan perintah dan diberi pengarahan tentang laporan, promosi, penugasan kembali, strategi dan isu-isu ideologis seperti fatwa dan aturan agama," tambahnya. 

2. Memiliki buku harian

Tim SEAL kala itu juga menemukan buku harian atau jurnal setebal 228 halaman. Dalam buku tersebut tercatat pemikiran Bin Laden yang diungkapkan kepada anggota keluarga antara Februari dan April 2011.

Tidak jelas persis berapa banyak orang yang tinggal di kompleks pada saat penggerebekan itu. Namun, diketahui bahwa ada kader termasuk beberapa istrinya, beberapa anak dan cucu, kurir dan keluarga mereka.

Buku harian itu mengungkapkan pemikirannya tentang pemberontakan Musim Semi Arab 2011 yang terjadi di beberapa negara mayoritas Muslim dan visinya untuk posisi Al Qaeda dalam politik dunia.

“Kekacauan ini dan tidak adanya kepemimpinan dalam revolusi adalah lingkungan terbaik untuk menyebarkan pemikiran dan ide al-Qaeda,” tulis Osama bin Laden pada jurnal tersebut.

3. Video pernikahan sang putra Hamzah

Penggerebekan itu juga menemukan video keluarga dari pernikahan putra bin Laden, Hamza bin Laden di Iran. “Satu-satunya gambar yang kami miliki tentang Hamzah sebelum rilis video adalah tentang dia sebagai seorang anak," tutur Roggio. 

"Hamzah sedang dipersiapkan untuk posisi kepemimpinan, jadi melihatnya sebagai orang dewasa sangat berharga,” tambahnya. 

Hamzah menikahi putri Abu Muhammad Al-Masri, yang merupakan pemimpin Al Qaeda lainnya. Dalam pernikahan itu ada beberapa tamu undangan termasuk Mohammed Showqi al-Islambouli, yang saudaranya Khalid membunuh mantan Presiden Mesir Anwar-el Sadat.

4. Video game

Yang cukup mengejutkan ditemukan pula serangkaian video game yang diunduh dan disimpan ke komputer gabungan. Hal ini  menunjukkan bahwa Osama bin Laden atau orang lain yang tinggal di kompleks itu adalah penggemar berat video game.

File CIA yang dirilis setelah serangan 2011 menunjukkan pemimpin al Qaeda itu telah mengunduh beberapa game populer mulai dari Half-Life, Super Mario Bros., Yoshi's Island DS, Final Fantasy VII , Dragon Ball Z , dan Counter-Strike , sebuah game di mana banyak pemain bekerja sama untuk menyandera sambil menangkis upaya kontraterorisme.

5. Video bin Laden berlatih pidato publik

Saat menghindari pihak berwenang, pemimpin buronan itu juga merilis sejumlah video yang direkam untuk pengikutnya. Terdapat gulungan video latihan pidato ditemukan di kompleks tersebut. 

“Streaming langsung adalah aktivitas yang dapat dilacak, jadi dia akan merekam pesan sebelumnya dan menyerahkannya ke kurir untuk didistribusikan,” kata Roggio.

“Merekam video-video ini sebelumnya memungkinkan dia untuk mengontrol citra publiknya dengan hati-hati.”

Topik
Keluarga Osama Bin Ladenbuku harian osama bin ladenyuliati suviani
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru