Wali Kota Dewanti Dorong Pengelola Wisata Pekerjakan Warga Disabilitas

Aug 13, 2021 08:08
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat salah satu disabilitas melakukan vaksinasi Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat salah satu disabilitas melakukan vaksinasi Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko punya perhatian besar kepada warganya yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas agar bisa memasuki dunia kerja. Dia berencana berkomunikasi dengan pengelola pariwisata agar bisa mempekerjakan disabilitas di sektor wisata. 

“Nanti kita akan minta ke tempat-tempat wisata untuk menerima pekerja dari kalangan disabilitas,” ungkap Dewanti kepada BatuTIMES.

Dewanti mengatakan, upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada anak disabilitas untuk bisa terus berkarya. Harapan itu sebenarnya tidak hanya pada sektor pariwisata, akan tetapi juga masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Batu juga diharapkan bisa mempekerjakan satu pegawai penyandang disabilitas. 

Harapan itu juga untuk menjalankan undang-undang yang menyebutkan jika satu persen dari pekerja seharusnya diambil dari anak-anak disabilitas.

“Di Undang-Undang kuota disabilitas satu persen di lapangan kerja sudah lama ada tapi, memang realitanya belum pernah maksimal. di Rumah Dinas juga sudah kita pekerjakan,” ujar politisi PDIP.

Bukan hanya di tempat wisata, nantinya ke depan di Polres Batu juga mempekerjakan disabilitas. Setidaknya sebagai tenaga hari lepas (THL) di Polres Batu. “Termasuk di Polres Batu nanti saya harap juga bisa mempekerjakan sebagai THL,” kata Dewanti.

Selain itu, upaya untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana Dewanti berencana akan memulai ramah disabilitas di Pasar Kota Batu. Setelah rencana di Pasar Kota Batu bisa diwujudkan akan menyasar di Balai Kota Among Tani. “Nanti di Pasar Kota Batu akan memulai ramah disabilitas, juga nanti menyusul di Balai Kota Among Tani Among Tani,” ucap istri Eddy Rumpoko ini.

Menurutnya saat ini memang mengutamakan untuk merekrut penyandang disabilitas yang berada di wilayah Kota Batu terlebih dahulu untuk menjadi pegawai.

Topik
Wali Kota BatuDewanti RumpokoWISATA KOTA BATUpeduli Disabilitas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru