Aksi Kemanusiaan, 93 Orang Ramaikan Kick Off Donor Plasma Konvalesen di Kota Malang

Aug 12, 2021 15:24
Suasana donor plasma konvalesen yang digelar di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021). (Foto: Istimewa).
Suasana donor plasma konvalesen yang digelar di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021). (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Kick Off Donor Plasma Konvalesen “dari Malang untuk Indonesia” ramai peminat. Setidaknya, 93 calon pendonor hadir dalam kegiatan yang digelar di Aula Kantor DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan ini merupakan bentuk gerakan sosial yang diinisiasi Tugu Media Group via Tugu Media Peduli ini turut oleh PMI Kota Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Polresta Malang Kota, Kodim 0818 Kota Malang, OJK Malang, dan sejumlah lembaga lain.

"Ini sebagai bentuk kemanusiaan, Tugu Media Grup menyelenggarakan bank plasma konvalesen," ujar CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq.

Ia menambahkan, bank plasma yang dihasilkan ini nanti untuk turut membantu bagi pendertia Covid-19. Yang mana, memang sangat dibutuhkan untuk mempercepat kesembuhan pasien.

"Istilahnya ini kick off, dan nanti masih akan berkelanjutan. Hari ini ada 93 yang ikut skrining, ini juga dari dukungan banyak pihak. Karena nggak banyak yang mau meskipun penyintas, maka perlu dorongan-dorongan dari instansi terkait," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan apresiasi atas digelarnya kegiatan ini. Apalagi kebutuhan plasma konvalesen cukup tinggi di masyarakat. Kolaborasi berbagai pihak untuk bahu membahu mengumpulkan bank plasma dinilai tepat untuk membantu sesama.

"Saya apresiasi kegiatan ini. Sudah ada 93 yang donor, luar biasa. Apalagi yang namanya kebutuhan plasma ini sangat tinggi. Banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan ini. Penting untuk kolaborasi ini, termasuk dengan PMI untuk saling bahu membahu," terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika menambahkan kegiatan yang digelar di gedung dewan ini sebagai bentuk dukungan kepada seluruh stakeholder yang berinisiasi kegiatan kemanusiaan. Apalagi, tujuannya membantu penderita Covid-19 di Kota Malang.

Made juga mendorong beberapa kader PDIP dan juga Sekretaris Dewan (Sekwan) hingga TPOK yang merupakan penyintas Covid-19 untuk ikut serta mendonorkan plasma konvalesennya.

"Ini bentuk dukungan kami untuk siapapun yang menggelar acara di sini dan difasilitasi. Kita menyiapkan pendonor sekitar 10 sampai 15 orang. Termasuk juga dari sisi fraksi menyiapkan pendonor," tandasnya.

Topik
donor plasma konvalesenlapas kelas ii b tubanWalikota MalangDPRD Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru