Pemerintah Siapkan Strategi Jangka Panjang Hadapi Pandemi Covid-19

Aug 12, 2021 09:10
Jubir Satgas Prof Wiku Adisasmito (Foto: mbsnews.id)
Jubir Satgas Prof Wiku Adisasmito (Foto: mbsnews.id)

INDONESIATIMES - Kasus Covid-19 di Indonesia hingga kini masih tinggi. Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah memberikan arahan agar masyarakat Indonesia harus bisa beradaptasi dengan Covid-19. 

Bahkan, ada kemungkinan jika Covid-19 berpeluang hidup berdampingan dengan masyarakat dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah menyiapkan strategi jangka panjang menghadapi Covid-19. 

Pemerintah selalu berhati-hati dalam mengambil setiap kebijakan dalam penanganan pandemi ini serta berupaya maksimal dalam pemulihan ekonomi nasional. "Untuk itu upaya terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjalani dinamika yang ada, ialah memaksimalkan berbagai upaya pengendalian secara paralel untuk upaya proteksi maksimal," ujar Wiku dikutip melalui website covid19.go.id.

Ke depannya pemerintah juga akan senantiasa untuk terus memantau kondisi Covid-19 secara aktual. Hal tersebut dilakukan demi mengambil kebijakan yang tepat, baik dalam hal penanganan kesehatan maupun pemulihan ekonomi.

Wiku juga menjelaskan berdasarkan hasil rapat terbatas, evaluasi penerapan PPKM wilayah Jawa - Bali akan dilakukan setiap 1 kali seminggu. Sementara evaluasi untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua akan dilakukan setiap 2 minggu sekali.

"Perubahan kebijakan yang dilakukan pemerintah merupakan bentuk kehati-hatian, agar masyarakat tetap aman, yang disertai pemberian peluang agar masyarakat tetap produktif," katanya.

Tak cuma Indonesia, negara-negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank dan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) saat ini juga tengah menyiapkan panduan baik dari sisi kesehatan maupun segi ekonomi.

Topik
Joko WidodoWiku Adisasmitoppkm jawa bali
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru