Menko Marves Bakal Bertolak ke Kota Malang untuk Cek Penanganan Covid-19, Pemkot Lakukan Persiapan

Aug 10, 2021 14:18
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Penanganan Covid-19 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Malang masih disoroti pemerintah pusat. Bahkan, hal ini menjadi intervensi pemerintah untuk menekan angka kasus.

Kota Malang, termasuk 2 daerah lain di Malang Raya yakni Kota Batu dan Kabupaten Malang, serta Bali menjadi prioritas utama pemerintah pusat. Pekan, ini tim dari pusat, termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan akan bertolak langsung ke wilayah ini.

Hal itu dibenarkan Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui awak media di Balai Kota Malang, Selasa (10/8/2021). Menurut rencana, bahkan mulai besok tim Satgas Covid-19 Pusat juga bakal mengunjungi kota ini untuk memastikan langsung proses penanganan Covid-19.

"Mulai besok Satgas mau datang, karena Insya Allah, Jumat (13/8/2021) pak Luhut secara langsung dengan pak menteri BUMN (Erick Tohir) akan datang ke Kota Malang," ujarnya.

Sutiaji menambahkan, disorotinya wilayah Kota Malang perihal penanganan Covid-19 juga langsung disikapi. Salah satunya dengan melakukan updating data secara tepat di setiap wilayah.

Hal ini, berkaitan dengan jumlah kasus yang masuk, hingga angka kesembuhan pasien Covid-19. Artinya, ketika nantinya ada kunjungan dari Kementerian pihaknya telah siap dalam mengcounter data yang tepat terkait kasus Covid-19.

"Kami counter (penilaian dari pusat), berkaitan data. Kita juga siapkan apa yang sudah dilakukan dan seterusnya. Kami nggak nyalahkan dari sana (pendataan pusat), memang updating datanya kita yang lambat. Data yang dari kita banyak kesembuhan yang nggak masuk," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya dalam hal ini juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Malang Raya. Dalam hal ini Bupati Malang Sanusi, dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Rencananya, akan ada pertemuan khusus untuk membahas penanganan Covid-19 di wilayah Malang Raya pada Kamis (12/8/2021).

"Ini pun saya harus konfirmasi ke 2 wilayah lain. Saya akan telpon pak Bupati dan Wali Kota Batu. Insya Allah diagendakan Kamis (pertemuan 3 daerah Malang Raya)," tandasnya.

Untuk diketahui, wilayah Malang Raya dan Bali menjadi daerah yang disoroti pemerintah pusat selama PPKM Level 4 pada 2-9 Agustus 2021. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Karena itulah, pemerintah pusat melalukan intervensi kepada daerah tersebut. Adanya lonjakan kasus, hingga kewaspadaan dari kenaikan mobilitas usai 26 Juli 2021 lalu masih akan dilakukan pantauan. Pun demikian terhadap perkembangannya, juga masih diperketat mengingat ada jeda 14-21 hari dari perubahan indeks komposit terhadap penambahan kasus.

Topik
Walikota Malangkorupsi bansos pkhCovid 19 Malang Rayaidul adha sumenep
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru