6 Satwa Batu Secret Zoo Melahirkan Selama PPKM Darurat, Tidak Ada Yang Kena Covid-19

Aug 09, 2021 20:25
Indukan primata monyet jenis Colobus Monkey di Batu Secret Zoo sedang menggendong anaknya yang baru lahir. (Foto: JTP Group)
Indukan primata monyet jenis Colobus Monkey di Batu Secret Zoo sedang menggendong anaknya yang baru lahir. (Foto: JTP Group)

BATUTIMES - Terjadi enam kelahiran baru pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Batu Secret Zoo Jatim Park 2, Kota Batu. Salah satunya mengalami kelahiran kembar dan satwa ini bukan endemik Indonesia.

Keenam satwa itu yakni spesies Chapman Zebra, monyet jenis Colobus Monkey yang jarang dimiliki kebun binatang lain, berang-berang jenis Small Clawed Otter.

Lainnya primata-primata kecil seperti Red Handed Tamarin, White Footed Tamarin, hingga monyet mini atau Pygmy Marmoset. “Ada juga yang proses kelahirannya kembar secara alami,” ungkap dokter hewan Batu Secret Zoo drh Rossy Margaretha.

Kelahiran kembar ada 3 jenis satwa. Yakni Red Hand Tamarin, White Footed Tamarin, dan Pigmy Marmoset. Tiga jenis satwa ini adalah primata paling kecil di dunia dan bukan endemik Indonesia. “Sehingga ini adalah sesuatu hal yang membanggakan bagi kami di Batu Secret Zoo,” imbuhnya, Senin (9/8/2021).

Rasa bangga  lainnya juga karena adanya kelahiran satwa jenis Colobus Monkey asal Afrika. Suburnya kelahiran satwa tersebut memperkuat koleksi milik Batu Secret Zoo bertambah 6 ekor.

Sementara itu, selama pandemi covid-19, kondisi ribuan satwa di Batu Sectet Zoo terpantau sehat. Sebab, para dokter dan keeper setiap harinya tetap mengawasi dan melihat kondisi setiap hewan yang ada di sana.

“Semuanya sehat dan tidak ada yang tertular virus covid. Sebab, petugas yang di sana tentu menerapkan protokol kesehatan,” jelas Rossy.

Selain itu, perawatan yang dilakukan mulai medical check up rutin, pemberian asupan vitamin, dan nutrisi tetap dijaga. Selama pandemi, SOP biosecurity juga diperketat. Mulai desinfektan atau sterilisasi kandang rutin. “Petugas dipastikan melakukan vaksinasi covid-19 hingga tahap dua,” tutupnya. 

Setiap bulan, untuk memberikan pakan dan sebagainya, Batu Secret Zoo harus mengeluarkan kurang lebih Rp 500 juta.

Topik
Jatim Park 2Malang Raya jadi srortanBerita Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru