Serbuan Vaksin Kedua Digelar, Letkol Marinir Sulistyo: Meski Sudah Divaksin Harus Tetap Prokes

Aug 09, 2021 17:14
Serbuan vaksinasi tahap 2 yang digelar Puslatpurmar-4 Purboyo, Senin (9/8/2021) (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Serbuan vaksinasi tahap 2 yang digelar Puslatpurmar-4 Purboyo, Senin (9/8/2021) (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Serbuan vaksinasi kembali digelar oleh Pusat Latihan Tempur Marinir Puslatpurmar-4 Purboyo, di gelar di Balai Pengobatan Senin (9/8/2021). Vaksinasi kali ini adalah tahap kedua setelah vaksin tahap pertama digelar pada Senin (12/7/2021) lalu. 

Dalam vaksinasi kali ini, setidaknya ada 320 dosis vaksin yang disediakan untuk masyarakat yang sudah melakukan vaksin tahap pertama. Yakni masyarakat di sekitar wilayah Puslatpurmar-4 Purboyo, di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Juga ada beberapa personel marinir yang turut divaksin. 

“Dengan digelarnya vaksin yang pertama beberapa waktu lalu, ini sudah waktunya untuk dilakukan (vaksinasi) tahap kedua. Dan digelar hari ini. Dan masyarakat yang divaksin juga sudah terdata sebelumnya. Jadi jumlah dosis yang disediakan saat ini juga sama. Yaitu sebanyak 320 dosis. Sasaran utamanya ya warga sekitar Bantur. Namun dari catatannya tadi, yang hadir 309," ujar Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo, Letkol Marinir Sulistyo Ivan Nurcahyo, M. Tr. Opsla.

Dalam vaksinasi kali ini, Puslatpurmar-4 Purboyo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang. Di mana dalam pendistribusian vaksin Sinovac ini dilakukan melalui pihak Puskesmas Bantur. Sebelumnya, Letkol Marinir Sulistyo juga telah mensosialisasikan vaksinasi ini jauh-jauh hari. Agar program tersebut dapat maksimal. 

"Sejak dilakukan vaksinasi pertama, minimal kan 2 minggu setelahnya baru dilaksanakan vaksinasi kedua. Sejak saat itu kami terus sosialisasikan. Baik melalui operasi penegakan disiplin atau dalam kegiatan lainnya. Tentu hal ini untuk mendukung pemerintah yang dalam upayanya agar segera dapat mencapai herd immunity," terang dia. 

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini jumlah kasusnya masih fluktuatif. Meskipun sudah dilakukan vaksinasi. Sehingga, ia berpendapat setidaknya masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Minimal menggunakan masker. Kalau berkegiatan di luar rumah. Karena kita juga tidak tahu virus tersebut dibawa atau terbawa oleh siapa. Sehingga, meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan juga masih menjadi hal penting saat ini," pungkas Letkol Marinir Sulistyo.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Sumberbening Kecamatan Bantur, Bambang merasa sangat terbantu dengan program vaksinasi yang digelar oleh Puslatpurmar-4 Purboyo ini. Pasalnya ia sendiri mengaku sangat minim menerima informasi terkait vaksinasi. 

"Ya ini kan juga arahan pemerintah. Disini (Bantur) kalau saya minim informasi. Jadi begitu dapat kabar ada vaksinasi di dekat sini (Klinik Pratama BP TRIAN Purboyo). Saya langsung mendaftar. Sampai saat ini sudah kali kedua divaksin," pungkasnya.

Topik
VaksinasiVaksinasi Covid 19khitan massal pemkot madiunKabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru