Bagian dari Ikhtiar Hadapi Pandemi, Unisma Gelar Istighosah dan Doa Tolak Bala'

Aug 09, 2021 16:58
Poster kegiatan Istighosah dan Doa Tolak Bala' yang digelar Unisma secara hybrid (Ist)
Poster kegiatan Istighosah dan Doa Tolak Bala' yang digelar Unisma secara hybrid (Ist)

MALANGTIMES - Malam 1 Muharam, Universitas Islam Malang (Unisma) bersama Musyayikh mengetuk pintu langit dengan menggelar Istighosah dan Doa Tolak Bala' untuk keselamatan bangsa, Senin (9/8/2021). Hal ini merupakan bagian dari ikhtiar bersama memohon diberikan kekuatan dalam menghadapi kondisi sulit dengan adanya wabah Pandemi Covid-19.

Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi, menjelaskan, jika 1 Muharram merupakan momentum mengajak untuk berdoa bersama kepada Allah SWT. Dalam momentum tersebut telah terjadi banyak peristiwa penting. Pertolongan Allah SWT itu banyak diberikan pada bulan Muharram yang itu telah banyak dirasakan oleh para nabi dan rasul pada saat itu.

Banyak kejadian penting, baik itu kedzaliman yang dilakukan Raja Firaun, Namrud, banjir, dikeluarkannya Nabi Yunus dari dalam perut ikan dan berbagai macam peristiwa lain.

“Maka satu momentum yang tidak boleh terlewatkan begitu saja, Unisma sebagai salah perguruan tinggi untuk mengajak seluruh komponen masyarakat, mulai dari Presiden, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Para Kyai  di seluruh Indonesia untuk berdoa nanti malam sembari wabah COVID-19 yang masih meluas,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika sebagai umatnya, doa bersama merupakan bagian penting. Hal ini merupakan upaya memohon pertolongan kepada Allah SWT agar seluruh umat dijauhkan dari bala' maupun wabah. 

“Kami yakin dengan mengetuk pintu langit, mohon pada Allah diawali dengan pembacaan istighosah untuk meminta pertolongan atas berbagai ujian dari Allah. Wabah Covid-19 ini bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga dunia, maka kita ajak orang-orang yang dekat dengan Allah untuk berdoa nanti malam,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut nantinya akan digelar secara daring dan luring. Dalam istighosah dan Doa Tolak Bala' nantinya akan dipimpin oleh Al Mukarom Kyai Marzuki Mustamar, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.

"Nanti akan didampingi Syuriah-syuriah  se-Malang Raya dan lainnya melalui daring, termasuk sambutan Presiden PBNU. Dan ini kita sebarkan kepada seluruh elemen masyarakat, majelis Al-Hikmah, Al-Ridhuan, Riyadlul Jannah, majelis sholawat nariyah, dan macam-macam yang mayoritas mengikuti secara zoom, termasuk perguruan-perguruan tinggi Nahdlatul Ulama," paparnya.

Sementara itu, dalam kegiatan Istighosah dan Doa Tolak Bala' itu, akan dihadiri banyak tokoh ulama, seperti Turmudzi Badruddin Syuriah PBNU, KH. Anwar Mansur, Rois Syuriah PWNU Jatim; KH. Ali Masyhuri, Syuriyah PWNU Jatim; KH. Hasan Mutawwakil Alalah, Syuriyah PWNU Jatim; Syeh Sayyid A. Rahim Assegaf Puang Makka, Rois Awal Idaroh Aliyah Jatman; Habib Umar Muthohar, Mustasyar PWNU Jateng dan Mundir Aam Jatman, KH. Anwar Muwafik dan KH. Yusuf Khudori, A'wan PWNU Jateng; Prof Dr KH Said Aqil Siradj, Ketua Umum PBNU dan Presiden RI.

Topik
Universitas Islam MalangUnismaRektor UnismaDoa Bersamaperingatan 1 muharram
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru