Simak! Begini Cara FEB Unisma Tingkatkan Kualitas Riset dan Pengabdian Masyarakat

Aug 09, 2021 15:42
Suasana Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa yang digelar FEB Unisma (Ist)
Suasana Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa yang digelar FEB Unisma (Ist)

MALANGTIMES - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) terus mendorong dan berupaya meningkatkan kualitas riset dan pengabdian masyarakat. Upaya itu salah satunya dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi menjelaskan, FGD ini bertujuan agar FEB Unisma meng-update roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa FEB Unisma.

Riset yang dilakukan oleh civitas akademika  FEB Unisma, akan mengarah ke Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2017 - 2045 yaitu menjadikan Indonesia berdaya saing. 

Terdapat beberapa kebijakan yang harus dijadikan pijakan dalam melakukan riset dan pengabdian masyarakat bagi dosen FEB Unisma. Seperti agenda riset nasional, yaitu pembangunan sumberdaya manusia berkualitas dan berdaya saing serta peningkatan penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan menuju inovasi yang berkelanjutan.

1

Hal ini selaras dengan pencapaian Sustainability Development Goals yang termaktub dalam 17 Tujuan utama serta Kebijakan Kementerian Agama RI yang terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di antaranya adalah Agenda Riset Keagamaan Nasional (Arkan) Kemenag 2018-2028 dan capaian penelitian dan PKM selama ini .

"Dosen harus memahami regulasi dan kebijakan-kebijakan tersebut agar desain penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang disusun oleh para dosen dan mahasiswa dapat disesuaikan dengan regulasi tersebut, dengan tetap mengacu pada visi dan misi  universitas, FEB Unisma dan masing- masing program studi,” tuturnya.

Lebih lanjut Diana menekankan bahwa tugas utama dosen adalah Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagaimana tercantum dalam Tridharma Perguruan Tinggi. 

Untuk itulah dosen memegang peranan penting dalam pengembangan FEB Unisma tekait luaran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat  maupun terkait  jurnal penelitian. Sehingga dengan menyusun Peta Jalan (Road Map) Penelitian & PKM bagi dosen, maka output dan outcomenya  akan publikasikan dalam jurnal nasional, internasional, HAKI, Bahan ajar, prosiding dan lainnya.

"Dosen lebih banyak berbenah diri dalam hal ini, memperbaiki proses pembelajaran dan memperbanyak penelitian. Apalagi saat ini kita memasuki era dalam Era Revolusi Industri 4.0 yang diharapkan kita sebagi dosen selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang berkaitan dengan Informasi dan teknologi," jelasnya.

Ketua LPPM Unisma Dr Nour Athiroh SSi, MKes, dalam paparannya menjabarkan tentang capaian riset dan pengabdian masyarakat di tingkatan Universitas Islam Malang serta kontribusi dosen FEB Unisma dalam mendukung capaian tersebut. 

Disamping itu Nour Athiroh menjabarkan Renstra Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Malang yang nantinya akan dijadikan pijakan bagi FEB Unisma dalam menyusun Renstra penelitian di Tingkatan Fakultas. Menurutnya ada banyak skema penelitian dan pengabdian masyarakat yang bisa digarap oleh dosen FEB Unisma yang ada di program studi manajemen, akuntansi dan perbankan syariah.

Topik
Unismaunisma malangdestinasi ekspatriat
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru