98 Paket Obat-Obatan Didistribukan Koramil Batu Bagi Warga Isoman dan Isoter

Aug 09, 2021 15:20
Para prajurit TNI Koramil 02 Kota Batu kodim 0818 Malang-Batu saat membagikan bantuan paket obat kepada warga isoman di Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Para prajurit TNI Koramil 02 Kota Batu kodim 0818 Malang-Batu saat membagikan bantuan paket obat kepada warga isoman di Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

BATUTIMES - Untuk meringankan beban dan membantu proses penyembuhan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, para prajurit TNI Koramil 02 Kota Batu Kodim 0818 Malang-Batu membagikan 98 paket obat-obatan untuk terapi penyembuhan Covid-19, Senin (9/8/2021).

Tidak hanya dibagikan langsung ke rumah warga yang sedang isoman, paket obat-obatan lengkap mulai gejala ringan hingga berat ini juga disalurkan ke isolasi terpadu (isoter) Kota Batu, untuk diberikan kepada pasien covid-19. Mengingat keberadaan obat-obatan terapi penyembuhan covid-19 yang juga dan mulai langka, sulit didapatkan di apotek.

Meski sampai saat ini masih belum ditemukan obat yang terbukti secara klinis dapat mengobati covid-19, namun ada beberapa obat yang sudah dipakai dalam terapi penyembuhan covid-19. Di antaranya obat ivermectin, favipiravir, oseltamivir dan sebagainya.

Namun karena tingginya permintaan pada sejumlah obat tersebut, membuat adanya kelangkaan dan sulit didapatkan di apotek. Karena hal tersebut pemerintah pusat melalui TNI AD membagikan paket obat-obatan terapi penyembuhan covid-19.

Tentunya untuk meringankan beban dan membantu proses penyembuhan warga yang sedang menjalani isoman covid-19. Namun yang didistribusikan ada tiga jenis paket obat. Yakni 48 paket jenis dua untuk pasien dengan gejala panas dan hilang penciuman.

Dan 48 paket obat jenis tiga dengan keluhan panas dan batuk kering. Juga 2 paket obat untuk tanpa gejala. Koramil 02 Batu mendistribusikan bantuan obat terapi covid-19 secara gratis.

Danramil Batu Kapten ARM Abdul Kodir mengatakan, pendistribusian obat terapi covid-19 sudah dilakukan kedua kalinya. Sebelumnya pada Juli lalu sebanyak 10 paket sudah disalurkan ke warga yang menjalani isoman.

“Penyaluran paket obat terapi covid-19 itu berdasarkan kebutuhan yang ada dari ajuan pendataan yang telah dilakukan sebelumnya,” katanya.

Ia pun berharap lewat penyaluran obat-obatan ini dapat membantu meringankan sakit bagi warga Kota Batu yang sedang terpapar covid-19 dengan gejala ringan yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Kami juga mengimbau warga yang sakit dan sedang isoman untuk lebih dirawat di isoter karena adanya tenaga medis dan juga fasilitas pelayanan kesehatan yang lengkap,” imbaunya.

Tidak hanya itu saja, petugas di sela-sela pembagian obat juga membantu warga melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah warga yang menjalani isolasi mandiri.

Topik
penambahan angka covid 19obat terapi langka di apotekobat terapi covid langkaKoramil BatuKodim batuPeduli Covid19Percepatan Penanganan Covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru