Mulai Besok, Arab Saudi Kembali Buka Ibadah Umrah bagi Jemaah Luar Negeri, Ini Syaratnya

Aug 08, 2021 09:55
Foto: Getty Images/Ayman Zaid
Foto: Getty Images/Ayman Zaid

INDONESIATIMES - Kabar baik bagi jemaah umrah di seluruh dunia. Sebab, setelah kurang lebih satu tahun setengah, pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah dari luar negeri seakan menggantung, mulai besok (Senin, 9/8/2021) Arab Saudi kembali mengizinkan pelaksanaan ibadah untuk dibuka.

Namun, bagi yang mau menjalankan ibadah umrah saat ini harus memenuhi persyaratan khusus. Seperti, pembatasan kapasitas jemaah umroh maksimal 2 juta orang per bulan.

Dilansir dari berbagai sumber, jemaah haji domestik dan luar negeri harus menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19 resmi bersama dengan permintaan umrah mereka. Hal ini juga diberlakukan bagi warga di negara Arab Saudi. Selanjutnya, saat kedatangan akan dilakukan proses karantina terlebih dahulu.

Saat ini, Mekah dan Madinah akan mulai menyambut pengunjung dari luar negeri ke masjid mereka dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ya, sudah sekitar satu setengah tahun Arab Saudi tidak menerima jemaah dari luar negeri. Meski, pada Oktober 2020 lalu sempat dibuka, namun kasus Covid-19 yang meningkat membuat Arab Saudi kembali menutup pelaksanaan ibadah bagi jemaah luar negeri.

Dikutip dari Al Arabiya, penerbitan izin dilakukan melalui aplikasi mobile Eatmarna dan Tawakkalna, di tengah sistem terintegrasi layanan dan tindakan pencegahan, yang diambil oleh Kerajaan Arab Saudi untuk keselamatan dan kesehatan mereka yang ingin melakukan umrah dan ziarah.

Dijelaskan Wakil Menteri Haji Dr Abdul Fattah Mashat, Kementerian Haji dan Umrah tengah berkoordinasi dengan otoritas terkait lainnya untuk menerapkan mekanisme lingkungan aman Covid-19 bagi para jemaah.

Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan ibadah, seperti jumlah penumpang bus tidak akan melebihi 50 persen dari kapasitas bus dengan tetap menjaga jarak aman di dalam bus, menyediakan alat sterilisasi, dan memastikan izin jemaah yang dikeluarkan oleh aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna sebelum menaiki bus.

Topik
arab saudi buka izin umrahizin umrah jemaah luar negerisyarat umrahbsu rp 1 juta
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru