Berburu Amalan Baik di Bulan Muharram, Ini Janji Allah

Aug 08, 2021 09:27
Ilustrasi. (Foto: pixabay).
Ilustrasi. (Foto: pixabay).

INDONESIATIMES - Tahun Baru Islam 2021 atau 1 Muharram akan segera tiba. Banyak keutamaan yang bisa didapatkan di momen peringatan pergantian umat muslim di dunia ini.

Bulan Muharram disebut juga dengan bulan yang istimewa dan dimuliakan dalam Islam. Tak ayal, masyarakat muslim dunia dianjurkan menyambut momen ini dengan memperbanyak amalan.

Dalam sebuah hadist disebutkan, Allah SWT memberikan keistimewaan dan kemuliaan pada empat bulan haram dari 12 bulan. Karena itu, memperbanyak amalan, salat sunah, berzikir, bersedekah, dan lain sebagainya, yang dikerjakan pada empat bulan haram tersebut akan dilipatgandakan balasannya oleh Allah SWT.

Pada empat bulan haram tersebut, umat manusia dilarang untuk melakukan perbuatan haram, seperti maksiat, karena balasannya pun akan dilipatgandakan.

Nabi Muhammad SAW menyebutkan empat bulan itu yakni, Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.

"Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban." (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah memperbanyak puasa di bulan Muharram. Nabi Muhammad SAW juga menyebut, sebaik-baiknya waktu untuk berpuasa di luar bulan Ramadan adalah di bulan Muharram. "Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram." (HR. Muslim)

Lantas, apa keistimewaan lainnya yang terdapat pada bulan Muharram?

1. Bulan Muharram merupakan bulan Allah SWT

Pada bulan ini, selain dianjurkan untuk berpuasa, umat muslim juga diminta untuk memperbanyak ibadah lainnya. Selain melaksanakan ibadah wajib salat fardhu, umat muslim juga dianjurkan memperbanyak ibadah sunah, salah satunya salat malam.

"Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah shalat malam." (HR Muslim).

2. Melakukan ibadah puasa sunah Asyura

Sebagaimana diketahui, salah satu puasa sunah yang dianjurkan yakni puasa Asyura. Dengan berpuasa ini, maka Allah SWT akan menghapuskan dosa selama setahun yang lalu. "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)

3. Perbanyak sedekah

Bulan ini juga merupakan bulan penuh keberkahan. Memperbanyak amalan sedekah sangat dianjurkan terutama kepada keluarga, anak yatim, dan orang-orang miskin. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 215 yang artinya:

"Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya."

4. Menjenguk orang sakit

Jika menemui kerabat atau teman yang tengah sakit maka dianjurkan pula untuk menjenguknya. Di bulan ini, maka rahmat Allah SWT akan diturunkan dengan deras.

"Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba."(HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Topik
bulan Muharramkeistimewaan bulan muharrampengedar narkoba tulungagung
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru