Pekan Depan, Polda Jatim Panggil Pemilik SPI Kota Batu sebagai Tersangka Dugaan Kekerasan Seksual

Aug 07, 2021 20:06
Para pelapor bersama Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Para pelapor bersama Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Julianto Eka Putra (JEP), pemilik sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu, sudah ditetapkan  sebagai tersangka atas dugaan kekerasan seksual, kekerasan fisik, dan eksploitasi ekonomi oleh Polda Jatim. Rencananya pemanggilan Julianto sebagai segera dilakukan polda.

Polda Jatim akan memanggil Julianto pada pekan mendatang. “Pemanggilan JEP sebagai tersangka dijadwalkan pada pekan depan,” ucap Kepala Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Ali Mahfud.

Hanya, detail informasi kapan hari pemanggilan Julianto, AKBP Ali tidak menyebutkan. Yang jelas, ini  pemanggilan yang pertama setelah ditetapkannya Julianto sebagai tersangka dalam gelar perkara Kamis (5/8/2021).

Ali menegaskan dalam kasus ini hanya terdapat satu tersangka, yakni Julianto. 

Sebelulmnya, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) melaporkan dugaan kasus tersebut pada akhir Mei. Kemudian penyidikan hingga gelar perkara dilakukan  selama 67 hari oleh Polda Jatim sebelum menetapkan Julianto sebagai tersangka.

Julianto dilaporkan karena 14 pelapor mengaku menerima perlakuan yang tidak mengenakkan saat berada di SPI Kota Batu. Disebutkan Julianto melakukan aksi sepert kekerasan seksual kepada pelapor bukan hanya di sekolah, tetapi juga di luar negeri hingga di rumah pribadi.

Rata-rata para pelapor itu adalah alumni SPI Kota Batu. Sebelumnya para alumni saat masih bersekolah di sana sempat melaporkan kejadian tersebut kepada guru di sana. Sayangnya tidak ada respons.

Mereka akhirnya memberanikan diri melaporkan kejadian itu kepada Komnas PA. Mereka tidak ingin kejadian yang dialami terulang kembali di SPI.

Topik
SMP di Kota KediriPolda Jawa Timur
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru