Aksi Nyata Rumah Ibadah Bergerak, Bagikan Sembako hingga Gelar Ngaji tentang Covid

Aug 07, 2021 19:17
Ketua Takmir Masjid Al Fattah Ali Peduli Covid Prof Muhammad Bisri (tengah). (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Ketua Takmir Masjid Al Fattah Ali Peduli Covid Prof Muhammad Bisri (tengah). (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Program Rumah Ibadah Bergerak terus menunjukkan aksi nyata. Melalui Masjid Al Fattah Ali Peduli Covid yang bekerja sama dengan sejumlah komunitas, gerakan aksi nyata untuk menggelorakan kembali masjid dan menepis stigma masjid menjadi lokasi rawan penularan covid-19 terus gencar disuarakan.

Wujud konkretnya, Sabtu (7/8/2021) sore, digelar kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu serta diisi dengan kegiatan ngaji tentang covid di Masjid Al Fattah Ali.

Dalam kegiatan itu, Ketua Takmir Masjid Al Fattah Ali Peduli Covid Prof Muhammad Bisri menyampaikan edukasi tentang covid 19 kepada masyarakat yang hadir. "Masjid harus ikut peduli. Makanya kami bentuk masjid peduli covid. Tujuannya kita juga mengedukasi tentang covid sehingga masyarakat nggak takut lagi ke masjid. Masjid jadi tidak buka tutup karena tahu penangan covid," beber mantan rektor Universitas Brawijaya (UB) itud.

2

Lebih lanjut Bisri menjelaskan,  dalam penanganan covid 19, pihaknya sering menyampaikan dua hal yang utama ketika di pondok pesantren. Yakni, doa dan ikhtiar. Dua hal ini merupakan hal yang tak bisa terpisahkan. Sebab, jika hanya berdoa tanpa disertai dengan ikhtiar, tentunya hal tersebut akan percuma. Begitupun sebaliknya, jika hanya ikhtiar tanpa berdoa, maka hal tersebut juga akan percuma.

"Dua hal itu harus gandeng, baru kemudian tawakal.  Jangan hanya ikhtiar dunia saja. Doa saja juga tidak bisa. Harus dibarengi dua-duanya," ungkap Bisri. 

Dalam kesempatan itu, juga dibahas zikir yang bisa dilakukan saat wabah covid-19.  Bisri memgatakan bahwa  bacaan  zikir ini cukup mudah. 

"Bismillahilladzi lama yadlurru ma'asmihi syaiun fil Ardli wa pas fissamaai wahuas samii ul aliim". Bacaan tersebut memiliki arti 'dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan langit. Dan Dia Maha mendengar lagi Maha Mengetahui," ucapnya.

Kemudian, "Allahumma yaa dzaafi'al baliyyaat". Artinya, "Ya Allah Zat Yang Maha Menolak segala balak atau bencana". 

Dan zikir selanjutnya, "Ya Allah ya Salaam sallimna min fiirus korona nikahi Sayyidina Muhammadin sollalohu alaihi wasallam". Artinya "Ya Allah Maha Pemberi Keselamatan, selamatkanlah kami dari wabah virus corona dengan perantara Nabi Muhammad SAW."

3

"Di mana pun ini diamalkan dibaca. Tapi ini bukan zikir satu-satunya. Ini pilihan," ungkapnya.

Kemudian Bisri juga menjelaskan bagian dari ikhtiar adalah dengan memahami tentang apa itu covid dan bagaimana menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, beristirahat dan juga mengonsumsi vitamin, probiotik dan yang lainnya adalah termasuk bagian dari ikhtiar.

Sementara itu, usai kegiatan ngaji tentang covid-19 selesai, beberapa masyarakat kurang mampu yang hadir menerima sembako serta paket probiotik secara gratis untuk menjaga kesehatan warga. Selain itu, masyarakat diberi selebaran materi yang berisi tentang materi covid maupun tentang probiotik.

"Monggo kalau mungkin materinya nantinya bisa disebarkan luaskan akan lebih berguna lagi. Semoga ini menjadi bagain dari usaha kita semua mengahadapi wabah ini," ujar Bisri.

Joko Supriono  salah satu warga yang hadir dan mendapatkan bantuan sembako, mengaku sangat senang atas apa yang didapatkan. Menurut dia, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan begitu membantu dan meringankan beban masyarakat kurang mampu. 

1

Terlebih lagi, selain mendapatkan bantuan sembako, dia juga juga mendapatkan probiotik yang itu berguna dalam menjaga kesehatan warga. Namun, di sisi lain yang lebih penting, dirinya juga mengaku mendapatkan pengetahuan kerohanian yang lebih lagi.

"Ya sangat membantu. Bagus sekali kegiatan seperti ini. Makanya kami harapkan juga terus berlanjut," pungkasnya.

Topik
ngaji tentang covidWarungSotoBagikan Sembako
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru