Petugas Dinkes melakukan pengambilan darah dalam rangkaian pemeriksaan HIV/AIDS kesalah satu mahasiswa. Foto: tania/malangtimes
Petugas Dinkes melakukan pengambilan darah dalam rangkaian pemeriksaan HIV/AIDS kesalah satu mahasiswa. Foto: tania/malangtimes

MALANGTIMES - Untuk melakukan pencegahan penyebaran HIV/AIDS, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menyediakan obat ARV (Anti Retroviral) untuk menekan angka penyebaran virus HIV/AIDS.

Obat ARV ini telah tersedia di tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Dinoyo, Arjuno, Kendalsari. "Masyarakat bisa memeriksakan diri sekaligus mendapatkan obat ARV," kata Asih Tri Rachmi, Kepala Dinkes Kota Malang.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Sedangkan untuk klinik VCT (Voluntary Counseling Test) atau layanan pemeriksaan bisa dinikmati di delapan Puskesmas dan empat rumah sakit. Untuk Puskesmas ada di Puskesmas Arjuno, Dinoyo, Kendalsar, Kendalkerep, Kedungkandang, Janti Ciptomulyo, dan Rampal celaket.

Sedangkan untuk rumah sakit, VCT hadir di RS Syaiful Anwar, RS Islam Unisma. RS Tentara Soepraoen dan RS Besar Pemda.

"VCT dan obat ARV ini sifatnya gratis. Jadi warga tidak perlu khawatir kalau mau memeriksakan diri. Sebab setiap orang memiliki resiko terkena HIV," ujarnya. (*)