18 Channel TV Kabel yang Akan Setop Tayang di Indonesia

Aug 07, 2021 13:36
Ilustrasi (Foto: Medium)
Ilustrasi (Foto: Medium)

INDONESIATIMES - Pengguna TV berbayar atau tv kabel di Indonesia harus bersiap untuk kehilangan 18 TV channel per 1 Oktober 2021. 18 channel tersebut akan berhenti tayang di Tanah Air.

Hal ini sehubungan dengan Disney yang melakukan penutupan pada seluruh kanal tersebut di wilayah Asia Tenggara dan Hong Kong. Melansir melalui laman Variety, sebagian besar dari channel yang ditutup itu baru saja bergabung dengan Disney dari 21st Century Fox.

Usia channel itu masih belum mencapai 3 tahun. Lantas apa saja 18 channel tv kabel yang akan setop siaran di RI? Berikut daftarnya: 

1. Fox
2. Fox Crime
3. Fox Life
4. FX
5. Channel V
6. Fox Action Movies
7. Fox Family Movies
8. Fox Movies
9. Star Movies China
10. Fox Sports
11. Fox Sports 2
12. Fox Sports 3
13. Star Sports 1
14. Star Sports 2
15. Disney Channel
16. Disney Junior
17. Nat Geo People
18. SCM Legend

Sementara channel yang tersisa hanya ada 4 setelah penutupan 1 Oktober nanti. Keempatnya ialah Star Chinese Channel, Star Chinese Movies, National Geographic Channel, dan Nat Geo Wild. 

Perusahaan itu menekankan pada streaming langsung terhadap konsumennya untuk penutupan ini. Dalam pernyataannya, Disney mengatakan salah satu tujuan penutupan 18 channel itu adalah untuk mengembangkan layanan streaming perusahaan.

"Sebagai bagian dari upaya global The Walt Disney Company untuk berporos menuju model pertama D2C dan makin mengembangkan layanan streaming, perusahaan mengkonsolidasikan bisnis jaringan media terutama di Asia Tenggara dan Hong Kong," kata Disney. 

Jubir Disney juga memastikan pihaknya akan terus memiliki bisnis media dan hiburan yang kuat di Asia Tenggara dan Hong Kong.

"Disney akan terus memiliki bisnis media dan hiburan yang kuat di Asia Tenggara dan Hong Kong yang mencakup bisnis direct-to-consumer, studio entertainment, produk konsumen, game dan bisnis penerbitan, melayani konsumen dan mitra serupa di kawasan ini," ungkapnya.

Seperti diketahui, Disney juga memiliki layanan streaming bernama Disney Plus, yang memang belum mencakup seluruh pasar di dunia. Hingga kini Disney Plus hadir di 59 pasar dan melampaui total 100 juta pelanggan berbayarnya.

Terkait hal itu, Disney berharap ke depan pihaknya bisa memperluas layanan streamingnya. Namun informasi mengatakan baru Hong Kong yang diidentifikasi akan mendapatkan akses Disney Plus, sementara sebenarnya akan diluncurkan juga di Malaysia awal tahun namun dihentikan untuk sementara.

Sedangkan di Indonesia, layanan streaming hadir dengan nama Disney Plus Hotstar yang diluncurkan pada September 2020. Merek yang sama juga dirilis di Singapura pada Februari 2021 lalu. 

Topik
disney channel tutupdisney channel setopdisney juniormaraknya pernikahan dini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru