Petugas Dinkes melakukan pengambilan darah dalam rangkaian pemeriksaan HIV/AIDS kesalah satu mahasiswa (Foto: tania/malangtimes)
Petugas Dinkes melakukan pengambilan darah dalam rangkaian pemeriksaan HIV/AIDS kesalah satu mahasiswa (Foto: tania/malangtimes)

MALANGTIMES - Hari Aids yang jatuh pada hari ini dirayakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dengan mengadakan sosialisasi sekaligus pemeriksaan gratis.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Kepala Dinkes Kota Malang, Dr Asih Tri Rahmi mengatakan sosialisasi ini untuk memberikan pengarahan kembali kepada kepala layanan kesehatan di Kota Malang untuk lebih giat mengajak masyarakat untuk peduli dan mencegah penularan HIV/AIDS.

"Pencegahan bukan dilakukan oleh Dinkes, Puskesmas atau rumah sakit tapi harus dari diri sendiri. Sebab, butuk kesadaran untuk melindungi diri," ujar Asih.

Data yang terkumpul dari 1994 hingga 2014, jumlah pengidap HIV/AIDS di Kota Malang mencapai 3.800 penderita. Sedangkan pada tahun 2015 hingga bulan Agustus mencapai 22 penderita. Menurut Asih, hal ini menunjukan bahwa risiko penyebaran Virus HIV cukup besar.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Dinkes juga terus berupaya menekan angka penyebaran virus," kata Asih ditemui dalam Sarasehan pencegahan HIV/AIDS di Hotel Gajamada, Selasa (1/12/2015). (*)