Lantik 4 Wakil Rektor, Ini Pesan Khusus Rektor UIN Malang

Aug 05, 2021 17:06
Empat wakil rektor yang dilantik oleh Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin. (Ist)
Empat wakil rektor yang dilantik oleh Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin. (Ist)

MALANGTIMES - Empat wakil rektor untuk membantu Rektor  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Prof Dr Zainuddin MA sudah ditentukan. Bahkan, Kamis (5/8/2021) hari ini, empat wakil rektor itu dilantik.

Pelantikan wakil rektor itu merupakan bagian dalam menjalankan amanat Peraturan Menteri Agama (PMA) No 40 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2017 tentang Statuta Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang terkait dengan pengisian jabatan: wakil rektor bidang akademik, bidang administrasi umum perencanaan dan keuangan, bidang kemahasiswaan, bidang kerja sama dan pengembangan lembaga masa jabatan 2021-2025.

Dalam pembacaan surat keputusan (SK) rektor, terdapat perubahan formasi dari sebelumnya. Beberapa nama baru kini masuk dalam jajaran wakil rektor. Dalam SK,  Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) adalah Dr H Agus Maimun MPd. Kemudian Dr Hj Ilfi Nurdiana SAg MSi ditunjuk kembali menduduki jabatan wakil rektor bidang administrasi umum perencanaan dan keuangan (AUPK). 

1

 Dr H Ahmad Fatah Yasin MAg ditunjuk sebagai wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan. Sebelumnya, Ahmad Fatah Yasin mengisi jabatan kaprodi magister pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Dan  Dr H Isroqunnajah MAg, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil rektor 3, kini berpindah posiis menjadi wakil rektor 4 bidang kerja sama dan pengembangan Lembaga mengantikan Prof Dr Uril Bahrudin.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainuddin MA memberikan pesan khusus. Dikatakannya, pergantian pimpinan adalah hal atau sesuatu yang biasa dalam sebuah lembaga. 

"Itu hal yang lumrah, apalagi dalam institusi pemerintah yang terbatas masanya. Justru akan merasa puas bila telah selesai mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab serta kelebihan maupun kekurangannya," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan,  saat ini pihaknya telah menunjuk partner untuk membantu dalam pengembangan pendidikan tinggi maupun lembaga di UIN Maliki Malang. Jabatan merupakan sebuah amanah dan ujian. Karena itu, rektor mengharapkan agar mereka yang terpilih bisa mengemban amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab. 

2

"Tentu ini bukanlah hal mudah. Ini amanah yang harus diemban dengan baik dan penuh tanggung jawab. Sesuai road  map kita, periode ini adalah periode untuk mewujudkan internasional reputation. Maka saya katakan, periode ini, periode yang tak ringan dan tidak mudah," ujar Zainuddin.

Terlebih lagi, pada saat masa pandemi covid-19 ini, diperlukan kerja keras  dan keseriusan dalam menjalankan amanah sebagai wakil rektor. Selain itu, mereka yang terpilih tentunya juga harus bisa bersinergi dengan berbagai pihak.

"Harus ada kohesivitas di antara kita semua. Waktu empat tahun sangat singkat, apalagi masa pandemi. Kita harus lakukan inovasi untuk bisa mempercepat kemajuan," ujarnya.

Mantan wakil rektor 1 UIN Maliki  ini menambahkan, menjadi pemimpin amatlah sangat berat. Setiap langkah seorang pemimpin banyak menjadi sorotan yang itu bisa berbuah pujian maupun cemoohan. Karena itu, kembali ditegaskan,  mereka yang terpilih haruslah bekerja karena Allah SWT.

"Saya ingatkan kalian dan diri saya sendiri, bekerjalah karena Allah semata dan bukan karena pujian. Pujian adalah milik Allah SWT. Mari kita bekerja dan bekerja demi mengembangkan lembaga ini. Kita sebagai pemimpin akan diminta pertanggungjawaban," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki MalangHMI Kota Kediri
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru