Mengerikan, Wujud 10 Kelompok Manusia Saat Dibangkitkan pada Hari Pembalasan, Masuk Kelompok Mana Kamu?

Aug 05, 2021 13:00
Ilustrasi manusia yang mendapat siksa neraka (Ist)
Ilustrasi manusia yang mendapat siksa neraka (Ist)

MALANGTIMES - Saat hari pembalasan nantinya, terdapat 10 kelompok manusia yang akan dibangkitkan. Saat dibangkitkan, dari kelompok-kelompok tersebut sempat membuat Rasulullah menangis melihat kondisinya. Saat dibangkitkan, manusia akan dikelompokkan dengan berbagai macam kelompok sesuai rupa maupun amalannya selama hidup. 

Dari channel Tafakkur Fiddin, dikisahkan pada suatu ketika, Mu'adz menghadap Rasulullah dan menanyakan tentang firman Allah SWT. Yaitu, "Hari yang pada waktu itu ditiup sangkakala, lalu kamu datang berkelompok-kelompok" (QS An Naba 18). 

Mendengar pertanyaan tersebut, Rasulullah tiba-tiba menangis tersedu. Bahkan, air matanya sempat jatuh membasahi bajunya. Rasulullah kemudian berkata, "Wahai Mu'adz, pertanyaanmu sungguh dalam tentang urusan yang sangat penting. Saat itu, umatku dihimpun dari beberapa kelompok".

10 kelompok tersebut, pertama adalah kelompok yang dibangkitkan tanpa tangan dan kaki. Hal itu disebabkan, pada saat di dunia, ia seringkali menyakiti tetangganya. Keadaan seperti itu merupakan balasan bagi mereka dan neraka lah tempat kembali mereka. Sebagaimana firman Allah, "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri," (QS An Nisa 36).

Kelompok yang ke-dua, adalah mereka yang dibangkitkan dengan bentuk seperti babi hutan. Hal ini karena mereka selama hidupnya suka mengabaikan salat dan meremehkannya. Allah SWT berfirman, "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat, yaitu orang-orang yang lalai dari salatnya"( QS Al Maun 4-5).

Kelompok ke-tiga, adalah kelompok umat yang dibangkitkan dengan keadaan perut membesar bagai bukit, dan penuh ular maupun kalajengking.  Mereka seperti keledai. Hal ini karena perbuatan mereka selama masa hidup di dunia menangguhkan pembayaran zakat. Dan neraka lah tempatnya.

Kelompok ke-empat, adalah mereka yang dibangkitkan dengan mulut mengeluarkan darah segar. Hal ini akibat semasa hidup manusia tersebut selalu berdusta saat berjual beli.  Allah SWT berfirman, sesungguhnya orang-orang yang menukar janji dengan Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit tidak mendapatkan bahagian pahala di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak lihat mereka pada hari kiamat dan tidak pula akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih"(QS Al Imron 77).

Kelompok yang kelima, mereka yang dibangkitkan dari kubur berbentuk angin dengan bau busuk di antara manusia, akibat suka merahasiakan perbuatan maksiat dari masyarakat, takut terbongkar namun tidak ada rasa takut terhadap Allah SWT. Untuk itu, nerakalah tempat mereka. Allah SWT berfirman, "Mereka dapat bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak dapat bersembunyi dari Allah, karena Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang tidak diridai-Nya. Dan Allah Maha Meliputi terhadap apa yang mereka kerjakan"(QS An Nisa 108).

Dan selanjutnya, kelompok ke-enam manusia yang dibangkitkan dari kubur adalah mereka yang dibangkitkan dengan tidak memiliki lidah dan nanah mengalir dari rongga mulut. Mereka suka menyembunyikan kesaksian yang benar, sehingga neraka adalah tempat mereka.

Manusia kelompok ke-tujuh yang dibangkitkan dari kubur adalah, kelompok manusia yang nantinya bangkit dengan terjungkir, atau kepala di bawah dan kaki di atas. Ini adalah hukum bagi mereka yang suka berzina dan mati dalam keadaan tak bertaubat. Allah SWT berfirman, "Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk"(QS Al Isro 32).

Kelompok yang ke-delapan cukup mengerikan. Mereka dibangkitkan dengan wajah yang hitam, mata biru dan perut penuh dengan bara api. Hal ini karena mereka menyantap harta anak yatim dengan cara yang tidak sah.  Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)".

Manusia kelompok ke-sembilan yang dibangkitkan dari kubur adalah, mereka yang suka mabuk. Mereka dibangkitkan dalam kondisi marah dan hati yang buta. Giginya terlihat seperti lembu jantan. Bibirnya menjulur hingga ke dada, bahkan lidahnya memanjang hingga perut. Kotoran juga mengalir dari perut mereka. Neraka merupakan tempat yang layak baginya.

Dan kelompok ke-sepuluh adalah mereka yang dibangkitkan dengan wajah bercahaya seperti sinar bulan purnama melewati shiratal mustaqim secepat kilat menyambar angin, seraya mendengar suara dari sisi Tuhan. Mereka adalah orang-orang yang melakukan amal kebajikan dan menjauhi kemaksiatan, rajin memenuhi panggilan salat dan mati sesudah bertaubat. Ganjaran mereka adalah pengampunan, rahmat ridho serta surga dari Allah SWT.

Topik
neraka dan surgafilm eternalscpns sepi peminat
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru