Dengan 5M, Prodi PG PAUD Unikama Cetak Pendidik Anak Usia Dini Berkompeten

Aug 04, 2021 16:52
Henni Anggraini MPSi, kaprodi PG PAUD Unikama. (Ist)
Henni Anggraini MPSi, kaprodi PG PAUD Unikama. (Ist)

MALANGTIMES  - Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) memang banyak terdapat di beberapa perguruan tinggi. Namun Prodi PG PAUD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki keunggulan yang berbeda dibandingkan dengan kampus lainnya.

Mahasiswa Prodi PG PAUD Unikama dibekali dengan kompetensi sebagai seorang pendidik guru anak usia dini yang mampu mengimplementasikan Ilmu, merancang, dan melaksanakan pembelajaran serta mengevaluasi pembelajaran pada anak usia dini secara otentik, kontekstual berdasarkan pemahaman individual differences. 

Mahasiswa dibekali dengan 5M,  yakni mampu mengobservasi, mengidentifikasi, menganalisis, merumuskan, dan menyusun rancangan dan model pembelajaran untuk anak usia dini secara spesifik dan terarah sesuai dengan potensi, minat, dan bakat anak usia dini.  "Prodi PG PAUD Unikama terakreditasi B," jelas Henni Anggraini MPSi, kaprodi PG PAUD Unikama.

Lebih lanjut dijelaskan, keunggulan kedua, sebagai praktisi di bidang pendidikan anak usia dini, mahasiswa Prodi PG PAUD tak hanya dibekali dengan materi yang sejalan dengan keilmuannya. Tetapi, mahasiswa juga dibekali 
untuk menjadi tenaga ahli di bidang pendidikan  anak usia dini  dalam mengembangkan  potensi anak usia dini berdasarkan individual differences. 

"Termasuk juga menjadi teacherpreneur, yaitu memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan menghasilkan jasa serta produk  berdasarkan potensi, minat, bakat dan kebutuhan pada anak usia dini seperti dalam hal inovasi media pembelajaran  serta aktivitas-aktivitas kewirausahaan," jelas dia.

Dengan keunggulan yang dimiliki, tak dipungkiri bahwa mahasiswa Prodi PG PAUD banyak meraih prestasi. Prestasi itu, salah satunya, PG PAUD Unikama  berhasil mendapat hibah pengembangan kurikulum Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM)  dari Belmawa. 

2

Di sini, Prodi PG PAUD Unikama  diberi kesempatan untuk lebih mengembangkan bentuk kegiatan pembelajaran seperti kegiatan kuliah kerja nyata tematik, pertukaran pelajar. Juga asistensi mengajar, riset serta magang bersama dengan mitra yaitu  lembaga serta organisasi pendidikan anak usia dini terutama yang berada di Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Hal ini tentunya selaras dengan visi dan misi, yakni menjadi prodi yang unggul dalam menghasilkan sarjana PGPG-PAUD yang berkarakter berdasarkan individual differences melalui pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian di bidang pendidikan anak usia dini.

Sementara,  misi prodi PG PAUD Unikama yakni menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran anak usia dini yang inovatif dan komprehensif untuk mengembangkan karakter pendidik PAUD berdasarkan perbedaan individu; menyelenggarakan dan mengimplementasikan penelitian di bidang PAUD berbasis perbedaan individu; menyelenggarakan dan mengimplementasikan pengabdian di bidang PAUD berbasis perbedaan individu;  dan menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan untuk pengembangan program studi S1 ​​PGPG-PAUD kepada masyarakat berbasis perbedaan individu.

"Adanya pengembangan kurikulum MBKM, kami berharap semakin mampu membekali lulusan S1 PG PAUD Unikama untuk memiliki hard skill dan soft skill yang sesuai dengan profil lulusan. Yaitu sebagai pendidik di bidang pendidikan anak usia dini, praktisi pendidikan anak usia dini serta teacherpreneur mampu bersaing di dunia kerja,” pungkas Henni.

 

Topik
unikama malangJual sound system
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru