Masa Perpanjangan PPKM Level 4 Kota Malang, Penjual Mlijo Diimbau Layani Via WhatsApp

Aug 04, 2021 15:11
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Malang tak mengalami perubahan aturan seperti PPKM sebelumnya. Namun lebih fokus pada penguatan di tingkat wilayah RT/RW.

Hal ini dilakukan guna membatasi mobilitas perorangan dan membatasi aktivitas berkerumun yang memicu penyebaran Covid-19. Salah satu yang diatur dalam pembatasan di wilayah tingkat RT/RW kali ini juga berkaitan jual beli sayur.

Dalam SE Wali Kota Malang No 46 tentang PPKM Level 4 Covid-19 dan Penguatan Posko Mikro Tingkat RW/RT. Salah satu poin meminta perangkat wilayah di RW dan RT diwajibkan untuk memastikan tidak adanya kegiatan yang berkerumun. Apalagi yang menimbulkan kerumunan lebih dari 3 orang.

Perangkat RT/RW juga harus membantu mensosialisasikan, menginformasikan dan menyampaikan kepada salah satunya pedagang sayur/mlijo.

"Penjual sayur/mlijo yang beraktifitas di lingkungan wilayah RT untuk menggunakan masker dan tidak menimbulkan kerumunan," kata Wali Kota Malang Sutiaji.

Dalam hal ini, pedagang mlijo juga diimbau untuk melayani pesan antar. Cara ini guna menekan kerumunan di masyarakat yang dapat memicu peningkatan penyebaran Covid-19.

"Penjual mlijo disarankan untuk memberikan layanan pesan antar melalui WA (Whatsapp), agar tidak menimbulkan potensi penularan Covid-19," jelasnya.

Di samping itu, penguatan PPKM Mikro tingkat RT/RW ini juga mengatur pembatasan aktivitas keluar masuk wilayah hingga pukul 20.00 dengan melaksanakan penutupan portal, penjagaan bergilir batas wilayah RT. Tetapi, pengecualian bagi yang sakit atau memiliki keperluan membeli obat.

Hingga, melaksanakan cek point atau pos pantau di masing-masing wilayah RT untuk membatasi keluar masuk orang. Kemudian, penerapan 3T (Testing, tracing dan treatment di masing-masing wilayah.

"Kami imbau juga, jika mengadakan pertemuan untuk dilakukan secara daring," pungkasnya.

Topik
pedagang mlijoaturan ppkm level 4ppkm level 4 kota malangkualitas berasKota MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru