Kota Malang Tambah BOR Isolasi Pasien Covid-19

Aug 03, 2021 15:43
Ruang kamar isolasi pasien Covid-19 di safe house Jl Kawi. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Ruang kamar isolasi pasien Covid-19 di safe house Jl Kawi. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya optimal dalam penanganan Covid-19. Dengan jumlah kasus saat ini yang terbilang masih tinggi, fasilitas bagi pasien Covid-19 juga terus ditambah.

Di antaranya, dengan menambah isolasi terpusat (Isoter) di beberapa titik kawasan. Seperti, di wilayah Kecamatan Blimbing tepatnya di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Selain, juga terus menambah kapasitas bed pasien Covid-19 di safe house atau rumah isolasi yang berada di Jl Kawi.

"Persiapan kita, di safe house ini akan menjadi 225 bed, dari 97. Di Blimbing itu ada 26 Kamar itu milik di SKB di Pandanwangi siap dipakai," ujar Wali Kota Malang Sutiaji, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, Sutiaji menjelaskan, penambahan tempat isoter juga dilakukan di Vocational Education Development Center (VEDC), yang terletak di Jl Teluk Mandar, Kecamatan Blimbing, Kota Malang kapasitasnya sebanyak 48 bed. Hingga, rusunawa milik Kementerian Pendidikan di wilayah Kecamatan Kedungkandang. 

"VEDC juga, tambahan lagi di rumah susunnya Kementerian Pendidikan di Kedungkandang ada 68 bed. Jadi kita sekarang punya 367 untuk isolasi pasien Covid-19," jelasnya.

Lebih jauh, rencana pemanfaatan Isoter di setiap kecamatan tersebut sebagai bentuk upaya Pemkot Malang menekan angka kasus Covid-19. Sehingga, isolasi mandiri di rumah tidak lagi diisi oleh pasien yang bergejala ringan.

"Di Kota Malang kita dengan kearifan lokal yang dipakai. Jadi ketika testingnya ga ada gejala sama sekali kami bolehkan isoman (Isolasi Mandiri). Bagi mereka yang gejala ringan, deman aja kita pakai ke isoter," pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga kemarin (Senin, 2/8/2021) Kota Malang masih tercatat ada 82 penambahan kasus baru. Kini, total kasus Covid-19 mencapai angka 11.424, dengan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 7.500 ada penambahan 184. Kemudian, pasien yang meninggal dunia ada 812 atau bertambah 11, dan yang masih dalam pantauan totalnya 3.112.

Topik
Penanganan Covid 19rumah isolasiKota MalangWali Kota Malang Sutiajipasar semen
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru