Cegah Penularan Covid-19, 141 Petugas Supeltas Selesai Jalani Vaksinasi

Aug 03, 2021 13:59
Salah satu supeltas bernama Didin yang merasa bahagia mendapatkan vaksin dosis kedua dari Polresta Malang Kota yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang, Selasa (2/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Salah satu supeltas bernama Didin yang merasa bahagia mendapatkan vaksin dosis kedua dari Polresta Malang Kota yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang, Selasa (2/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, sebanyak 141 petugas dari Supeltas (sukarelawan pengatur lalu lintas) telah selesai menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua yang bertempat di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Kota Malang. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Khrisna melalui Kanit Regident Satlantas Polresta Malang Kota AKP Rahandy Gusti Pradana. 

"Kalau supeltas ada 141 cuma yang belum divaksin ada 30 dan sekarang sudah divaksin di TKP (taman krida budaya, red), sudah divaksin semua menggunakan Vaksin Sinovac," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Selasa (3/8/2021).

Rangkaian kegiatan vaksinasi dosis pertama dan kedua bagi petugas Supeltas di Kota Malang ini digagas oleh Polresta Malang Kota yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang. 

Perwira dengan tiga balok dipundaknya ini menyampaikan bahwa sebanyak 141 petugas Supeltas tersebut telah menjalani vaksinasi secara bertahap. Yakni pada tanggal 6 Juli 2021 untuk dosis pertama dan tanggal 3 Agustus 2021 untuk dosis kedua.

Antusiasme para petugas Supeltas pun cukup tinggi pada program vaksinasi ini. Pasalnya pada saat jadwal penyuntikkan dosis pertama lebih dari 100 orang menginginkan untuk divaksin. "Tetapi karena kita batasi stoknya hanya 100 dosis, sehingga hanya bisa 100 orang," ujarnya.

Karena dari kuota 100 dosis vaksin tersebut, sebanyak 30 dosis diperuntukkan bagi petugas Supeltas dan 70 dosis sisanya diperuntukkan bagi masyarakat umum. 

Andy mengungkapkan para petugas Supeltas harus divaksin. Karena mobilitas petugas Supeltas yang tinggi dan lebih sering di jalanan bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, perannya yang selalu membantu masyarakat juga harus mendapatkan apresiasi lebih. 

"Sehingga apabila teman-teman itu sudah punya daya tahan tubuh yang kuat, sehingga tidak akan menyebabkan penularan sesuatu-sesuatu yang tidak kita inginkan," terangnya. 

Pihaknya juga menambahkan bahwa pada vaksinasi di dosis kedua ini tidak terdapat penurunan kehadiran jumlah peserta seperti di dosis pertama. Serta hingga saat ini pihak petugas kesehatan belum menerima laporan efek usai dilakukan vaksin atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

"Belum ada. Alhamdulillah sehat semua, kita berdoa semoga teman-teman selalu diberikan kesehatan," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Paguyuban Supeltas Kota Malang Zainul Arifin (46) mengatakan bahwa mulanya terdapat 31 petugas supeltas dari 141 anggota yang ada sempat belum siap untuk menjalani vaksinasi. "Jadi sisanya yang 31 masih belum siap melaksanakan vaksin, mungkin dia takut ataupun masih belum ada kesiapan, kemungkinan seperti itu," terangnya. 

Namun dengan diberikan sosialisasi, pengetahuan dan manfaat seputar vaksin, serta ajakan yang humanis ditengah pandemi Covid-19 ini, akhirnya para petugas Supeltas bersedia untuk divaksin. 

Selain itu, vaksinasi ini kata Zainul merupakan ikhtiar atau usaha untuk mengantisipasi para petugas Supeltas terpapar Covid-19. "Untuk antisipasi biar tidak menjalar covid ini kepada kita, menjaga imun kita agar lebih kuat dan di lapangan kita lebih giat, serta biar lebih fresh mas," ujarnya. 

Kemudian salah satu petugas Supeltas yang baru saja menerima vaksin kedua yakni Didin menuturkan bahwa setelah divaksin dirinya merasa aman dan nyaman. "Efeknya hanya lapar dan mengantuk saja mas," tuturnya. 

Dengan raut wajah bahagia, Didin pun berharap agar dirinya bersama rekan-rekan Suoeltas yang lain dapat terhindar dari Covid-19 dan Indonesia dapat segera pulih dari Covid-19. 

"Bagi teman-teman yang belum vaksin ayo monggo segera vaksin biar Indonesia cepat sembuh dan pulih," pungkasnya.

Topik
VaksinasiCovid 19Kota MalangPolresta Malang Kotavaksinasi supeltas
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru