Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Diamuk Varian Delta, China Lockdown 2,7 Juta Warga

Penulis : Desi Kris - Editor : Heryanto

03 - Aug - 2021, 10:21

Covid-19 di China (Foto: FoodNavigator-Asia)
Covid-19 di China (Foto: FoodNavigator-Asia)

INDONESIATIMES - China saat ini kembali "diamuk" oleh virus Covid-19 varian Delta. Akibatnya, China harus kembali menerapkan lockdown di sejumlah daerah dengan total populasi sekitar 2,7 juta orang demi meredam kasus Covid-19 yang terus melonjak.

Di Zhuzhou, Provinsi Hunan, mengunci wilayahnya dan melarang 1,2 populasi di daerah tersebut untuk tidak keluar rumah mulai Senin (2/8/2021) hingga 3 hari mendatang.

"Situasi masih suram dan rumit," demikian pernyataan pemerintah Zhuzhou saat mengumumkan lockdown tersebut, dikutip melalui AFP.

Sementara, daerah dekat Zhuzhou, Zhangjiajie, juga menerapkan lockdown ketat terhadap 1,5 juta warga setelah mengalami lonjakan Covid-19 sejak bulan lalu. Lonjakan kasus Covid di China belakangan ini berawal dari klaster bandara di Nanjing. 

Diketahui, terdapat 9 petugas kebersihan di bandara tersebut yang teridentifikasi positif Covid-19. Para petugas bandara itu disebut tertular setelah membersihkan pesawat yang baru tiba dari Rusia dan membawa penumpang positif virus Covid-19. 

Sejak saat itu, kasus Covid-19 di China terus bertambah. Pada akhir pekan lalu, China melaporkan lebih dari 70 kasus baru, sementara Senin kemarin pemerintah mencatat 55 infeksi Covid-19 baru. 

Berdasarkan data pemerintah setempat, Covid-19 varian Delta sudah menyebar di lebih dari 20 kota dan belasan provinsi. Lonjakan ini terjadi di tempat-tempat yang dikenal sebagai kawasan wisata. 

Pemerintah setempat pun lantas meminta agar semua pihak menghentikan perjalanan ke daerah-daerah tersebut. Sejauh ini, China telah melaporkan total 93.005 infeksi Covid-19 sejak awal pandemi menyebar dari Kota Wuhan akhir 2019 lalu. Hingga kini, China telah memberikan lebih dari 1,6 miliar dosis vaksin Covid-19 per 30 Juli.


Topik

Internasional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Heryanto