Vaksinasi Nakes Ketiga, Kota Malang Dapat Jatah 11.934 Dosis Vaksin Moderna

Aug 02, 2021 21:31
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di Balai Kota Malang, Senin (2/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di Balai Kota Malang, Senin (2/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES- Kota Malang didapuk menjadi penerima pertama Vaksin Moderna sebanyak 11.934 dosis dan Vaksin Sinopharm sebanyak 539 dosis di Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan bahwa sebanyak 11.934 dosis Vaksin Moderna akan segera diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) untuk dosis ketiga. "Kalau informasi dari surat yang dikirim, nakes dengan Moderna itu sekitar 11 ribu lebih dosis," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Senin (2/8/2021).

Meskipun begitu, terdapat beberapa persyaratan untuk para tenaga kesehatan yang akan menerima Vaksin Moderna. Nantinya, para tenaga kesehatan yang dapat menerima suntikan Vaksin Moderna yakni para tenaga kesehatan yang telah menyelesaikan dosis kedua.

"Yang dapat Moderna itu adalah nakes yang sudah menyelesaikan dosis kedua minimal tiga bulan," ujarnya.

Sedangkan untuk 539 dosis Vaksin Sinopharm diperuntukkan bagi para difabel yang berada di Kota Malang. Dan pada hari ini telah disuntikkan secara seremonial di beberapa kampus di Kota Malang. "539 dosis sinofarm yang nanti akan diberikan kepada difabel-difabel di Kota Malang," katanya.

Untuk difabel yang dapat menerima Vaksin Sinopharm kata Husnul merupakan difabel fisik, kemudian difabel mental atau ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). "Itu ada dosis satu dan dua jaraknya 21 hari," terangnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan vaksinasi terhadap para difabel yang menggunakan Vaksin Sinopharm akan dilakukan koordinasi dengan komunitas difabel terkait tempat dilakukan vaksinasi. "Bisa nanti di beberapa tempat sesuai dengan komunitas difabel yang ada kan biasanya ada pendampingnya," tuturnya.

Lebih lanjut, nantinya pihak Dinas Kesehatan Kota Malang khusus untuk vaksinasi kepada para difabel, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang. "Biasanya yang difabel itu kan datanya ada di dinsos nanti kami cek data di dinsos untuk pemetaan," pungkasnya.

Topik
vaksin sinopharmsemprot disinfektanoknum dprd kota malangHusnul Muarifvaksin moderna
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru