Pertama di Jatim, Kota Malang Mulai Suntikkan Vaksin Moderna dan Sinopharm

Aug 02, 2021 20:17
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau vaksinasi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (2/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau vaksinasi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (2/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES- Kota Malang merupakan daerah pertama di Provinsi Jawa Timur yang telah menerima stok Vaksin Moderna dan Vaksin Sinopharm

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa stok Vaksin Moderna dan Vaksin Sinophram telah datang sejak hari Rabu (28/7/2021) dan disimpan di cool storage Dinas Kesehatan Kota Malang. Kemudian pada hari ini Senin (2/8/2021) didistribusikan dan dilakukan vaksinasi di beberapa kampus di Kota Malang. 

"Jadi Kota Malang ini daerah pertama penggunaan vaksin moderna untuk vaksinasi ketiga bagi nakes dan sinopharm bagi difabel," ungkapnya kepada awak media di Universitas Muhammadiyah Malang, Senin (2/8/2021). 

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini mengatakan bahwa untuk persyaratan bagi tenaga kesehatan (nakes) yang menerima vaksin ketiga dengan jenis vaksin Moderna harus menandatangani pakta integritas. "Kemudian untuk nakes harus menggunakan pakta integritas. Ini adalah vaksin ketiga untuk SDM kesehatan," ujarnya. 

Sedangkan untuk para difabel yang pada hari ini juga melakukan vaksinasi dan menerima Vaksin Sinopharm, diharuskan yang berusia di atas 18 tahun. 

Lebih lanjut, Khofifah pun memuji masyarakat Malang Raya khususnya di Kota Malang yang sadar akan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dengan sangat antusias dalam program percepatan vaksinasi nasional. "Saya melihat di Malang ini masyarakatnya antusias luar biasa untuk mendapatkan vaksin. Proses untuk bisa melakukan akselerasi kebutuhan kita," tuturnya. 

"Oleh karena itu kami sampaikan terimakasih dan hari ini mungkin support vaksinnya masih bertahap. Karena vaksin tidak datang massal, seminggu rata-rata dua kali dan kami biasa mendistribusikan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan bahwa untuk pelaksanaan Launching vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dan difabel sejak semalam sudah dilakukan. "Jadi pelaksanaan tadi kami dapat 25 dosis untuk tenaga kesehatan dan 25 dosis untuk difabel," katanya. 

Husnul pun membenarkan bahwa Vaksin Moderna memang dikhususkan bagi para tenaga kesehatan untuk dosis ketiga. Serta Vaksin Sinopharm digunakan untuk masyarakat yang termasuk difabel. 

"Untuk yang difabel yang mendapat vaksin yaitu mereka yang terdiri dari disabilitas fisik maupun mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua," tandasnya. 

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang dalam waktu dekat akan menerima kiriman lagi Vaksin Moderna dan Vaksin Sinopharm dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Topik
Khofifah Indar Parawansavaksin sinopharmbimbel gratisHusnul Muarif
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru