Gubernur Jatim Berangkatkan 2102 Kandidat Sarjana Mengabdi Unisma

Aug 02, 2021 15:13
Suasana saat pemberangkatan KSM oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (paling kiri) dan Rektor Unisma, Prof Maskuri (paling kanan)(Ist)
Suasana saat pemberangkatan KSM oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (paling kiri) dan Rektor Unisma, Prof Maskuri (paling kanan)(Ist)

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) memberangkatkan 2102 Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Berbasis Keilmuan dan Domisili. KSM merupakan istilah baru di Unisma dan merupakan pengganti bagi mata kuliah Kerja Kuliah Nyata (KKN).

2102 peserta KSM itu, dilepas langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang turut juga dihadiri Walikota Malang, Sutiaji serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

2102 peserta tersebut, terbagi menjadi 1452 peserta KSM, PPL KSM 347 peserta dan Kampus mengajar 294 peserta. Dari 2102 peserta KSM, 1479 berada di wilayah Jawa Timur. Sementara peserta lainnya, melaksanakan KSM di 32 provinsi dan 1 peserta di Thailand.

2

Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi, menjelaskan, jika KSM diambil karena Unisma ingin menempatkan para sarjana ketika terjun di tengah masyarakat memiliki tekad yang kuat, sekaligus memperkuat predikat sarjana bukan sesuatu hal yang sepele dan justru memiliki nilai tanggung jawab.

"Baik nilai tanggungjawab keilmuan, tanggungjawab moralitas, dan  tanggungjawab untuk bersama-sama masyarakat menyelesaikan problem yang dihadapi oleh masyarakat, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini," jelasnya, Senin (2/7/2021).

Untuk itulah, Unisma mengangkat satu tema, yaitu KSM berbasis keilmuan bersama masyarakat menuju kampung sejahtera, berbasis pada domisili para mahasiswa. Para mahasiswa akan hadir di desa dan kelurahan masing-masing untuk memberikan sumbangsih bermanfaat.

"Cakupan pelaksanaan KSM bukan hanya nasional, tapi juga internasional,
Mereka nanti akan menjadi motivator bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat," bebernya.

3

Saat ini, mindsetnya adalah, para mahasiswa ini bukanlah kuli ketika berada di desa. Akan tetapi, kembali ditegaskannya, jika mahasiswa ini menjadi motivator agar terdapat sebuah perubahan yang lebih baik, khususnya ditempat mereka berada.

"Memberikan penyuluhan, terkait kesehatan, memberikan motivasi untuk membangkitkan ekonomi, pendidikan, berbagi sektor lain, dan bagaimana membuat suatu daerah itu terwujud lingkungan yang bersih. Insyallah mereka sudah punya bekal yang cukup," paparnya.

Satu hal yang sangat menarik, KSM kali ini orientasi pada produk yang dihasilkan mahasiswa dan masyarakat secara real. Bukan hanya itu, akan terdapat hasil lainnya berbentuk jurnal maupun opini-opini yang strategis dan juga paten maupun Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

"Mudah-mudahan dengan ikhtiar menyelenggarakan KSM ini,  menjadi bagian dari kontribusi Unisma kepada masyarakat serta menjadi duta yang baik untuk masyarakat," tutupnya.

1

Walikota Malang, Sutiaji, menambahkan, dengan modal yang dimiliki para mahasiswa, tentunya akan menjadi modal untuk memenangkan pertarungan pertarungan atau kompetisi di dunia luar.

"Apresiasi pada Unisma yang mempelopori langsung tridharma perguruan tinggi, afektif, kognitif dan psikomotorik berada di KSM. Tak hanya mengasah otak dan pemahaman, tapi bagaimana sikap terimplementasi pada keseharian. Semoga ini terus menggeliat," terangnya.

Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan, KSM ini tentunya ke depan akan menjadi pionir dan para sarjana nantinya akan menjadi refrensi kehidupan dan kualitas SDM yang berdaya saing.

Pihaknya berpesan, agar seluruh peserta KSM, memberikan kemampuan maksimal dalam melakukan pengabdian dan membawa nama baik Unisma dilingkungan masing-masing melakukan kegiatan KSM. 

"Selama bertugas, jaga protokol kesehatan, lakukan semua yang terbaik yang bisa kita hasilkan, bangun solidaritas dengan masyarakat yang mungkin hari ini keadaannya tidak seperti dulu. Selamat mengabdi seluruh kandidat, mudah-mudahan sehat," pungkasnya

Topik
Universitas Islam MalangUnismaRektor UnismaKhofifah Indar ParawansaMahasiswa Unisma
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru