Hindari Loyo dan Lesu, Resep Herbal ala dr Zaid Akbar ini Bisa Dibikin Sendiri di Rumah

Aug 01, 2021 12:03
Ilustrasi minuman herbal (pixabay)
Ilustrasi minuman herbal (pixabay)

MALANGTIMES - Pandemi Covid-19, hingga kini masih belum berkahir. Berbagai aktivitas masyarakat saat ini masih terkendala adanya wabah Covid-19 itu. Tak terkecuali dalam hal bekerja. Saat ini, sektor dunia kerja masih banyak yang masih menerapkan Work From Home atau WFH. 

Namun, menjalankan rutinitas kerja dengan WFH, tentunya akan sangat membosankan dan bisa jadi malah mengurangi semangat, menjadi loyo dalam bekerja. Sebab, kembali lagi jika hal-hal yang sebelumnya dilakukan di kantor ataupun banyak bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja maupun klien, kini harus terputus dan terbatas hanya pada sosialisasi dan sistem kerja secara online dan dijalankan dari rumah. 

Tapi jangan khawatir, dr Zaidul Akbar, Dokter sekaligus pendakwah membagikan tips bagaimana meracik ramuan minuman herbal penambah semangat agar tidak loyo saat menjalankan aktifitas selama WFH. Bahkan dijelaskan dalam caption postingan video meracik minuman ini, jika minuman ini juga cocok diminum oleh mereka yang batuk maupun flu.

Dikutip dari akun resmi Instagramnya, @zaidulakbar, jika minuman ini disebutkan merupakan minuman refreshing sel-sel dalam tubuh dan bisa menyegarkan tubuh karena kandungan bermanfaat dari bahan-bahan yang digunakan. 

Minuman yang menyegarkan ini, sangat mudah dibuat. Dan bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah yang biasa dipakai saat memasak, di antaranya jahe, kunyit, cabai, jeruk nipis dan madu.

Bahan-bahan yang disebutkan, sebelumnya, disiapkan secukupnya untuk
menjadi racikan satu minuman. Disiapkan jahe sekitar sejempol tangan, kemudian cari tersebut dicuci bersih. 

Setelah itu, kemudian siapkan kunyit sebesar kelingking orang dewasa yang kemudian dicuci bersih. "Untuk jahe dan kunyit, tak usah dikupas kulitnya, namun dicuci bersih" jelasnya.

Jahe dan kunyit tersebut dipotong tipis-tipis. Bahan selanjutnya adalah satu buah cabai merah yang telah dikeluarkan bijinya lalu dipotong tipis-tipis. Siapkan juga seperempat jeruk lemon yang diperas dan dicampurkan air hangat satu gelas.

"Cabai yang telah dibuang bijinya nanti nggak pedas, tapi memberikan sensasi panas" ungkapnya dalam video yang ia posting.

Semua bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu, dimana jahe, kunyit dan cabai terlebih dulu dicampurkan dalam satu wadah dan kemudian diberikan air hangat satu gelas. Setelahnya berikan perasan jeruk lemon secukupnya. 

Setelah tercampur, kemudian tutup wadah dan diamkan selama 15 sampai 30 menit agar kandungan dalam bahan-bahan tersebut keluar. Kemudian sebelum meminumnya, saring terlebih dulu minumannya dan kemudian bisa ditambahkan madu secukupnya sebelum dikonsumsi agar khasiatnya lebih bagus.

"Kandungan jahe, kunyit, antioksidan dari cabe dan mineral-mineral dari jeruk penting.  Akan menjadi minuman powerfull dari sel-sel tubuh kita," tulisnya dalam caption.

Topik
resep anti loyominuman herbalobat obatankekebalan kelompokaliansi mahasiswa banyuwangi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru