Layani Pengisian Tabung Oksigen Gratis, Pemkab Malang Andalkan CSR

Jul 31, 2021 18:43
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan.
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan.

MALANGTIMES - Pelaksanaan penyediaan fasilitas pengisian tabung oksigen gratis yang direncanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang masih memerlukan waktu. Karena berkaitan dengan ketersediaan sumber daya, dan fasilitas penunjang yang ada saat ini. Terutama terkait kelengkapan fasilitas seperti tabung, dan beberapa alat lainnya. 

Karena itu juga, Pemkab Malang akan menggandeng pihak ketiga atau swasta. Yaitu dengan memanfaatkan program Corporate Social Responsibility (CSR). 

Kepala Badan Penanggulanagan Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan rencana tersebut tetap perlu disiapkan dengan matang. Terlebih lagi jika berkaca pada pelayanan di depo isi ulang oksigen gratis yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, di halaman kantor Bakorwil III Jalan Simpang Ijen, Kota Malang, untuk pengisian tabung oksigen itu juga memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

"Kalau dilihat pengisian di Bakorwil itu, untuk tabung oksigen yang berukuran 1 M3 itu, lamanya sekitar 30 menit. Tinggal mengalikan saja, dalam satu hari itu ada sekitar 700 masyarakat yang menghubungi saya untuk minta pelayanan pengisian oksigen," kata Bambang kepada MalangTIMES, Sabtu (31/7/2021).

Dia juga mengatakan, rencana penyediaan fasilitas pengisian tabung oksigen dikarenakan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Malang. Di mana hal itu juga berdampak pada masyarakat yang mulai mengeluh susah mendapatkan oksigen. 

"Rencananya masih lima tabung dengan ukuran 6 m3, itu dari PT Harpag di Karangploso, untuk Regulator pengisian oksigen juga belum ada," imbuh dia.

Sebelumnya, rencana tersebut disampaikan oleh Bupati Malang Sanusi. Terutama untuk dapat menyuplai  kebutuhan oksigen di tempat isolasi terpusat (isoter) yang ada di setiap kecamatan. Fasilitas tersebut, rencananya akan disiapkan ke dalam bentuk unit mobil pengisian oksigen. 

"Kendaraan ini nantinya akan keliling memberikan fasilitas untuk pengisian oksigen, terutama bagi Isoter. Begitu mendapat laporan, kendaraan itu bersama BPBD langsung meluncur, untuk melakukan pengisian oksigen yang kosong itu. Layanan inj gratis, tidak dipungut biaya," pungkas Sanusi.

Topik
Bambang IstiawanSanusiBPBD Kabupaten Malangisi tabung oksigen gratis
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru