Sering Bikin Kemacetan, Pasar Kebalen Diberi Garis Pembatas PKL Sepanjang 300 Meter

Jul 31, 2021 15:54
Garis pembatas PKL di kawasan Pasar Kebalen (Ist)
Garis pembatas PKL di kawasan Pasar Kebalen (Ist)

MALANGTIMES - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang membuat garis pembatas bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di sepanjang Jalan Zainal Zakse atau di depan Pasar Kebalen, Kota Malang. 

Garis marka tersebut, digunakan sebagai pembatas para PKL dalam kegiatan atau aktivitas berjualan, sehingga tidak sampai memakai badan jalan yang berimbas adanya kemacetan setiap hari. 

"Memang diatur seperti itu, agar nanti tidak membuat kemacetan. Karena selama ini PKL berjualan sampai memenuhi jalan, makanya jadi macet," jelas Satir Prahari, Komandan Pengawas Ketertiban (Wastib) Kota Malang.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika garis pembatas tersebut, dibuat kurang lebih sekitar 300 meter-an. Garis akan dibuat mulai dari perempatan yang ada di barat antara Jalan Zaenal Zakse, Jalan Laksmana Martadinata hingga perempatan timur Jalan Zaenal Zakse pertemuan dengan Jalan Muharto.

"Garis dibuat dari dinas sendiri," terangnya.

Garis yang dibuat pada satu sisi jalan, sehingga arus lalu lintas di sekitaran PKL berjualan yang selama ini macet bisa lancar kembali. 

1

Sementara itu, petugas juga memberikan batas waktu berjualan hingga pukul 07.00 wib. Sebab, di atas jam tersebut, arus lalu lintas mulai ramai. Akan tetapi, petugas Wastib masih memberikan toleransi pada para PKL untuk membereskan bedaknya hingga pukul 09.00 wib. 

"Sehingga, setiap petugas datang, harapannya pedagang sudah bersih," ungkapnya.

Jika melebihi dari jam tersebut, maka petugas Wastib akan memberikan tindakan dan mentertibkan bedak PKL. Untuk sanksi, petugas Wastib akan menyerahkan kepada petugas Satpol PP yang memang mempunyai wewenang untuk menindak pelanggar.

"Tapi nanti kita juga minta buat surat pernyataan. Kalau masih bandel ya kita serahkan Satpol," bebernya.

Dijelaskannya, jika di antara 26 pasar yang lain, kawasan Pasar Kebalen merupakan pasar yang mendapat perhatian. Sebab, di sini seringkali menjadi sumber kemacetan lantaran jalan penuh PKL. 

"Kalau untuk pasar lain, kita awasi lorong masuk pasar, supaya lancar, tapi untuk pasar lain lebih banyak juga sosialisasi protokol kesehatan," pungkasnya.

Topik
pasar kebalenpenanganan dampak pandemiDiskopindag Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru