Kasus Covid-19 Tinggi, 20 Mobil Dinas Pemkot Batu Dialihkan Serupa Ambulans

Jul 31, 2021 11:56
Mobil dinas milik Pemkot Batu.
Mobil dinas milik Pemkot Batu.

BATUTIMES - Tingginya kasus Covid-19 membuat mobilitas ambulans khususnya di Kota Batu cukup tinggi. Untuk menanggulangi hal tersebut, Pemkot Batu mengalihfungsikan mobil dinas jadi kendaraan bagi warga yang kondisinya kritis.

Mobil dinas yang disiapkan itu kurang lebih ada 20 kendaraan. Nantinya, mobil tersebut siap mengantarkan pasien yang kondisinya kritis di Kota Batu ke rumah sakit rujukan.

“Melihat mobilitas kendaraan ambulans yang tinggi membuat warga tidak bisa mendapatkan ambulans. Karena itu ada 20 mobil dinas disiapkan Pemkot Batu untuk warga Kota Batu yang membutuhkan,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Ia menambahkan, hingga saat ini di Kota Batu terdapat puluhan kendaraan ambulans. Mulai dari berplat merah hingga milik beberapa organisasi di Kota Batu yang saat ini seluruhnya memiliki mobilitas tinggi.

“Walaupun jumlahnya banyak tapi karena yang sakit ini juga banyak jadi masih saja ada kendala disaat mobil akan dipakai,” ungkapnya, Sabtu (31/7/2021). 

Kendala yang sering didapati tidak ada sopir dan rencananya akan ditambah. Sehingga, saat ada yang membutuhkan sewaktu-waktu dalam keadaan darurat bisa siap dan segera digunakan.

“Mobil dinas juga sopirnya bisa diperbantukan di desa/kelurahan di Kota Batu untuk mengantarkan warganya ke rumah sakit yang diinginkan,” ujar pria yang juga ketua DPC PDIP Kota Batu ini.

Selain itu, Pemkot Batu juga menyiapkan mobil siaga yang tersebar di 24 desa/kelurahan. Tentunya diperuntukkan bagi warga yang membutuhkan di desa dan kelurahan tersebut.

Sedangkan beberapa saat lalu, Pemdes Pandanrejo Kecamatan Bumiaji menyulap mobil dinas yang biasanya untuk mobilitas kepala desa diubah menjadi mobil ambulans. Ide itu muncul lantaran banyak warganya yang membutuhkan ambulans, namun tidak bisa terlayani.

Topik
Kasus Covid 19Mobil DinasKota Batumuseum pendidikan islam
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru