Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin yang Tidak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi

Jul 31, 2021 09:12
PeduliLindungi (Foto: RRI)
PeduliLindungi (Foto: RRI)

INDONESIATIMES - Sertifikat vaksinasi saat ini menjadi salah satu syarat penting dalam penerapan PPKM Level 4. Namun, ada beberapa orang yang sudah divaksin tapi belum mendapatkan sms sertifikat vaksinasi. 

Jika belum mendapat sms, masyarakat yang sudah divaksin juga bisa mendownload sertifikat vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Namun, ada pula beberapa orang yang sertifikatnya tidak muncul dalam aplikasi tersebut. 

Sebelumnya, sejumlah warga mengeluh karena tidak munculnya sertifikat vaksin pertama di aplikasi PeduliLindungi. Menanggapi keluhan tersebut, Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, ada dua penyebab gagalnya mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 di aplikasi PeduliLindungi. 

Pertama yakni nomor HP yang didaftarkan peserta tidak sesuai saat melakukan vaksinasi.

"Nomor HP yang didaftarkan saat vaksinasi salah atau tidak sesuai dengan yang digunakan untuk mengakses sertifikat vaksinasi," ujar Dedy.

Kemudian, penyebab kedua ialah data peserta vaksinasi masih dalam proses input. Lantas bagaimana cara mengatasi sertifikat vaksin yang tidak muncul? 

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan, untuk mengatasi sertifikat vaksin Covid-19 tahap pertama yang tidak muncul yakni sebagai berikut: 

1. Menunggu proses input data peserta hingga lengkap masuk ke sistem. Jika data peserta sudah lengkap dan diterima oleh sistem satu data, maka secara otomatis sertifikat vaksin akan muncul di aplikasi PeduliLindungi. 

2. Masukkan nomor HP yang sesuai saat mendaftar vaksin.

3. Jika masih tetap gagal, peseta disarankan menghubungi call center PeduliLindungi di 199 ext 9 atau melalui email ke [email protected]

Cara mengunduh sertifikat vaksin

Bagi kalian yang sudah mendapat vaksinasi, baik tahap pertama maupun kedua, biasanya akan mendapat pemberitahuan melalui SMS bahwa sertifikatnya sudah tersedia. Jika sudah mendapat SMS notifikasi, biasanya di dalam SMS juga tercantum link untuk download sertifikat.

Namun jika belum menerima SMS, bisa memeriksa dan mengunduhnya langsung di aplikasi PeduliLindungi. 

Caranya sebagai berikut: 

1. Buka aplikasi PeduliLindungi 

2. Masukkan nomor HP yang telah didaftarkan untuk melaksanakan program vaksinasi. Nantinya, kalian akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk membuat akun 

3. Setelah berhasil masuk, kalian akan berada di halaman utama(beranda). Untuk mengecek kartu vaksinasi Covid-19, klik ikon "akun/profil" di pojok kanan atas 
4. Pilih opsi "Sertifikat Vaksin" 
5. Selanjutnya, akan tertera kartu vaksinasi Covid-19 (tahap pertama, tahap kedua, atau keduanya) 

6. Jika ingin mendonwload kartu vaksinasi Covid-19, kalian cukup meng-klik salah satu tahap kartu atau keduanya 

7. Klik "Ya" untuk mengunduh kartu vaksinasi. Nantinya kartu vaksinasi Covid-19 akan tersimpan otomatis di gallery smartphone kalian.

Topik
Vaksinasirayuan iblisVaksin Covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru