Prodi PGSD Unikama Patut Diperhitungkan, 90 Persen Pengampu Adalah S3

Jul 30, 2021 15:52
Dr Cicilia Ika Rahayunita MPd, Kaprodi PGSD, saat memberikan paparan materi (Ist)
Dr Cicilia Ika Rahayunita MPd, Kaprodi PGSD, saat memberikan paparan materi (Ist)

MALANGTIMES - Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), merupakan prodi PGSD yang tak perlu diragukan lagi dalam melahirkan pendidik maupun mahasiswa berkualitas. Dengan berbagai program unggulan maupun sumber daya pengajar yang mumpuni, Prodi PGSD Unikama patut diperhitungkan.

Dr Cicilia Ika Rahayunita, MPd, Kaprodi PGSD menjelaskan, proses perkuliahan di prodi PGSD Unikama ini diampu oleh dosen yang telah tersertifikasi dan berkompeten di bidang keilmuannya. Bahkan 90 persen dosen di Prodi PGSD Unikama telah menempuh pendidikan S3.

Perkuliahan saat ini dilaksanakan secara full daring. Dimana menggunakan berbagai macam platform dalam pelaksanaannya. Unikama dalam memfasilitasi pembelajaran daring di PGSD menggunakan system Spada Unikama. Di dalamnya terdapat RPS, Materi Pembelajaran, Form Diskusi, Form Penugasan yang sudah di upload oleh dosen pada tiap mata kuliah.

"Selain penggunaan Spada, kita juga menggunakan beberapa aplikasi pendukung untuk pembelajarannya secara sincronus  seperti Google Meet, Zoom dan lain-lain, " jelasnya.

Dengan tools mengajar yang memanfaatkan teknologi, tentunya tidak menyulitkan baik Mahasiswa maupun Dosen serta diupayakan juga agar proses pembelajaran dapat tetap berjalan meskipun dalam kondisi pandemi yang terbatas dan tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung.

2

Berbicara mengenai kelebihan Prodi PGSD, dijelaskannya, jika dalam Rossa belajar, tidak hanya mengacu pada mata kuliah umum tetapi juga terdapat mata kuliah penciri khusus PGSD Unikama. Contohnya, mata kuliah seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari dan Drama, Prakarya). Mata kuliah ini bertujuan sebagai bentuk ekspresi diri dan juga untuk menambah pengetahuan serta kreatifitas mahasiswa.

"Tentu diharapkan, setelah mereka lulus nanti, diharapkan menjadi Calon Guru yang kreatif, luwes dan mempunyai pengetahuan dalam lingkup seni," paparnya.

Untuk prestasi, tak usah diragukan lagi. Beberapa prestasi telah diraih oleh mahasiswa maupun dosen Prodi PGSD. Diantaranya Pengelolaan PPG yang sudah masuk pada tahun ke 4,  PJJ, MBKM dan Kampus Mengajar. Mereka yang masuk Prodi PGSD Unikama sendiri, memiliki beberapa kelebihan. 

Antara lain, memiliki bekal kreatifitas yang diperoleh dari mata kuliah seni yang dapat diterapkan dan bermanfaat di dunia luar; Menyiapkan sebagai calon pendidik yang kreatif, inovatif, serta memilki wawasan sosial agar menjadi pendidik yang tangguh dalam menghadapi perubahan dan tantangan dunia kerja; Mendapatkan bimbingan penuh dari dosen, baik dalam proses perkuliahan maupun dalam kepentingan lain seperti bimbingan saat mengikuti perlombaan; Mendapatkan wadah serta bimbingan dalam pengembangan minat dan bakat dan memiliki banyak relasi, baik antar mahasiswa dalam dan luar kampus, antar mahasiswa dan dosen serta mahasiswa dan masyarakat.

Apa yang telah ada di Prodi PGSD Unikama kini, tak lantas membuat berhenti untuk melakukan pengembangan. Target kedepan, Prodi PGSD akan meningkatkan layanan pada mahasiswa dengan lebih baik, mengimplementasikan program MBKM dalam perkuliahan lebih dalam lagi. Selain itu, meningkatan keikutsertaan mahasiswa dalam ajang kompetisi tingkat internasional dan meningkatkan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri untuk  pencapaian akreditasi unggul.

"Harapan saya untuk Unikama dan Prodi PGSD, tetap melayani masyarakat dengan sepenuh hati sehingga capaian kepercayaan masyarakat pada Unikama bisa tinggi dan berdampak pada jumlah mahasiswa semakin banyak, diimbangi prestasi yang juga tidak kalah pentingnya. Jika dapat dikatakan Unikama dan Prodi PGSD mengutamakan layanan untuk mencapai luaran yang unggul," pungkasnya.

Topik
Universitas PGRI Kanjuruhan MalangUnikamaKampus Unikama Malangpgsd unikama
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru