Ikut Terpapar saat Bertugas, 3 Nakes di Kota Batu Hembuskan Nafas Terakhir

Jul 30, 2021 15:28
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi di Kota Batu.
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi di Kota Batu.

BATUTIMES - Tingginya kasus konfirmasi positif covid-19 di Kota Batu nampaknya juga diiringi dengan jumlah tenaga medis yang turut terpapar dan harus berjuang melawan virus tersebut. Bahkan, beberapa diantara garda terdepan tersebut telah gugur saat menjalankan perannya dalam menyelamatkan pasien covid-19.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu, tercatat sudah tiga tenaga kesehatan telah meninggal dunia. Dari tiga tenaga kesehatan tersebut tersebar di dua rumah sakit rujukan. Yakni dua di Rumah Sakit Bhayangkara Hasta Brata dan satu di Rumah Sakit Karsa Husada. Salah satu yakni seorang perawat pencegah dan pengendalian infeksi dari Rumah Sakit Bhayangkara Hasta Brata Kota Batu

“Lonjakan pasien konfirm dua bulan terpantau tinggi di Kota Batu. Saat ini tenaga kesehatan Kota Batu yang meninggal ada tiga orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari, Jumat (30/7/2021).

Ke tiga tenaga kesehatan tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di tengah lonjakan kasus covid-19 yang cukup tinggi dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Bahkan, saat ini masih didapati nakes yang turut terpapar covid-19.

“Alhamdulillah saat ini kondisi tenaga kesehatan yang terpapar stabil,” imbuhnya. 

Tenaga kesehatan yang terpapar saat ini tengah menjalani isolasi mandiri kondisinya sehat dan stabil. “Virus yang varian yang saat ini tidak tahu penularannya,” imbuh Kartika.

Sebelumnya angka pasien konfirm positif Covid-19 tenaga kesehatan pernah mencapai kurang lebih 65 orang. Salah satunya juga Kartika yang kini telah sembuh dari virus tersebut. Ia terpapar bersamaan dengan sekretarisnya dan lima kepala Puskesmas di Kota Batu usai rapat bersama di kantornya.

Kartika juga mengimbau kepada warga mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan. Dengan 6M, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan.

Topik
Kasus Covid 19PMII KediriKota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru