Upaya Tekan Covid-19, Disnaker Fasilitasi Penyaluran Ribuan Masker

Jul 30, 2021 13:45
Penyaluran masker yang dilakukan dalam operasi simpatik oleh Satpol PP Kabupaten Malang (Foto: Istimewa)
Penyaluran masker yang dilakukan dalam operasi simpatik oleh Satpol PP Kabupaten Malang (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang memfasilitasi penyaluran sarana penunjang sosialiasi penekanan penyebaran Covid-19. Peralatan tersebut berupa 80 buah x-baner, dua ribu masker medis, 220 masker kain dan ribuan hand sanitizer. 

Ratusan sarana penunjang sosialisasi tersebut diserahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang. Untuk selanjutnya, didistribusikan kepada masyarakat melalui operasi simpatik yang digelar secara rutin.

Sekretaris Disnaker Kabupaten Malang, Dwi Ilham Prastyanto menjelaskan, ratusan sarana penunjang sosialisasi ini didapatkan dari partisipasi perusahaan-perusahaan  yang ada di wilayah Kabupaten Malang. 

“Bapak Kepala Dinas kami, Drs Yoyok Wardoyo MM mengetuk nurani para stakeholder kami untuk bersama-sama menanggulangi penyebaran virus corona. Alhamdulillah  terkumpul banyak dan sudah kami serahkan kepada teman-teman di Satpol PP untuk didistribusikan,” ujar Ilham, Jumat (30/7/2021).

Selain itu, untuk terus dapat memfasilitasi penanggulangan penyebaran Covid-19, pihaknya juga telah melakukan beberapa upaya vaksinasi kepada perusahaan yang tidak bisa menggelar vaksin mandiri bagi karyawannya. Caranya dengan menggandeng jajaran samping, seperti TNI. 

Dari catatannya, hingga saat ini setidaknya sudah 2.792 karyawan dari 11 perusahaan yang sudah divaksin. Vaksin tersebut didapat dari Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Korem 083/Baladhika Jaya, Resimen Artileri Medan (Men Armed), Brigade Infanteri (Brigif) serta Lanud Abdulrachman Saleh. 

"Kami berupaya mengetuk nurani para stakeholder. Selama pandemi, setelah dilaksanakan kunjungan ke beberapa tempat masih terdapat masyarakat yang tidak mengenakan masker. Padahal masker penting untuk membantu mencegah penularan Covid-19. Maka dari itu dengan memfasilitasi pembagian masker, kami berharap kesadaran masyarakat untuk bermasker meningkat,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP, Firmando Hasiholan Matondang, menjelaskan, sejauh ini Satpol PP sudah menerima sebanyak 5.400 masker. Kemudian pihaknya juga menerima 330 dus susu dengan isi 24 kotak per kardus dari Greenfields. Susu dari perusahaan yang memiliki pabrik di Palaan, Ngajum itu dibagikan ke Safehouse dan warga yang melakukan isolasi mandiri di tempat isolasi terpadu (isoter) yang ada di kecamatan-kecamatan. 

“Kami juga mendapatkan bantuan puluhan botol hand sanitizer dan suntikan 6 ribu masker dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ujarnya.

Firmando menjelaskan, untuk X-Banner dan masker yang difasilitasi Disnaker, dibagikan di dua Kecamatan. Yakni Kepanjen dan Gondanglegi. Sasarannya adalah para pedagang kecil. Harapannya, untuk rumah makan besar dapat mencetak sarana sosialiasi mandiri. 

“Kami tidak melakukan operasi yang sifatnya yustisi. Melainkan simpatik semacam ini. Harapannya, agar masyarakat lebih patuh. Pencegahan penyebaran virus ini tidak bisa dilakukan sendirian. Namun harus ada sinergi. Sama-sama mengingatkan, tokoh masyarakat juga bergerak mengingatkan,” pungkasnya.

Topik
penyebaran Covid 19Kasus Covid 19Kabupaten MalangDisnaker Kabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru