Stok Vaksin Covid-19 Kota Malang Menipis, Hanya Cukup untuk Dosis Ke-2

Jul 30, 2021 13:38
Petugas kesehatan saat menyiapkan vaksin Covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Petugas kesehatan saat menyiapkan vaksin Covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Proses pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang belum merata. Hal ini lantaran kebutuhan distribusi vaksin dari pemerintah pusat masih minim.

Saat ini, Kota Malang masih memiliki setidaknya 40.166 dosis vaksin. Namun, jumlah ini hanya untuk dosis ke 2 atau bagi mereka yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama sebelumnya.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pun hingga saat ini masih terus berupaya agar distribusi vaksin bisa segera diberikan dari pemerintah pusat. Mengingat antusiasme masyarakat di Kota Malang cukup tinggi untuk mendapatkan vaksin.

"Sampai saat ini vaksin di kita tinggal 40 ribu dosis, dan itu untuk dosis ke 2. Kami belum dapat kejelasan dari pusat, bukan provinsi, karena provinsi juga menunggu, sampai sekarang masih belum ada. Faktornya bukan kita ndak mau melaksanakan (vaksinasi Covid-19) tapi memang ketersediaannya belum ada," ujarnya.

Menurut Sutiaji, kebijakan akan percepatan vaksinasi guna tercapainya herd immunity 70 persen dari jumlah penduduk bergantung dari pemerintah pusat. Yang pasti, Kota Malang terus mengupayakan agar bisa sesegera mungkin mendapatkan jatah distribusi vaksin lebih dulu.

"Kebijakan-kebijakan vaksin itu dari pusat, Kota Malang dapat berapa dan lainnya. Nanti itu dari Kementerian Kesehatan langsung masuk ke Provinsi Jawa Timur, dan melalui Dinas Kesehatan Kota Malang," imbuhnya.

Pemkot Malang, dikatakannya, sampai saat ini juga masih menunggu dropping dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk percepatan vaksinasi. Sehingga, warga yang belum tervaksin bisa segera dilakukan. Diharapkan, dropping vaksin bisa segera tiba.

"Mudah-mudahan segera dapat lagi (dropping vaksin Covid-19). Sekarang yang ini hanya vaksin untuk dosis kedua," tandasnya.

Sebagai informasi, keseluruhan dosis vaksinasi mulai tahap pertama yang telah diberikan kepada warga Kota Malang total ada 378.276 dari total 654.692 sasaran. Rinciannya, ada 301.621 warga telah menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan dosis kedua sebanyak 76.655 warga.

Topik
VaksinasiVaksin Covid 19Kota MalangWali Kota Malang Sutiajidosis vaksin
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru