Sertijab Rektor UIN Malang, Prof Abdul Haris dan Prof Zainuddin Saling Minta Maaf

Jul 30, 2021 12:26
Serah terima jabatan Rektor UIN Maliki Malang periode 2017-2021 kepada Rektor baru periode 2021-2025 yang digelar secara daring (Ist)
Serah terima jabatan Rektor UIN Maliki Malang periode 2017-2021 kepada Rektor baru periode 2021-2025 yang digelar secara daring (Ist)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) secara daring, Jumat (30/7/2021). Prof Dr Abdul Haris Rektor periode 2017-2021 menyerahkan tugas dan jabatan kepada Rektor baru periode 2021-2025, Prof Dr Zainuddin MA.

Dalam sambutannya Prof Dr Abdul Haris, menyampaikan asa terhadap pimpinan baru UIN Maliki Malang, untuk membuat UIN Maliki Malang lebih baik lagi. Sebab, dijelaskannya, selama memimpin menurutnya dirasa masih belum banyak memberikan hal-hal terbaik, yang bisa dirasakan pegawai maupun dosen.

"Mudah-mudahan ke depan bisa dilanjutkan dengan baik, sehingga seluruhnya bisa sesuai dengan harapan dari para pegawai maupun dosen," ungkap pria kelahiran Lamongan itu.

1

Bukan hanya itu saja. Pihaknya juga berharap dari sisi akademik maupun non akademik, terutama yang terkait dengan moralitas, akhlakul karimah, 
serta hal-hal yang terkait dengan budi pekerti bisa terdapat peningkatan, hingga kampus ini tumbuh dan berjalan lebih baik.

"Disini kami juga minta maaf, meskipun sudah berupaya maksimal memenuhi harapan dan keinginan para pegawai dan dosen, namun belum bisa," ungkapnya. 

Lebih dari itu, dikatakan Prof Haris, jika terdapat hal-hal lain yang kurang berkenan, baik di kantor maupun diluar kantor, pihaknya kembali menyampaikan permohonan maaf. 

Dikatakannya, hal-hal seperti ini (pergantian pimpinan), tentunya bukanlah sebuah hal yang harus dirisaukan. Sebab, hal terpenting adalah menjadi Abdullah dan Khalifatullah, menjadi hamba Allah yang menjalankan seluruh ibadah sesuai ajaran Allah SWT.

Sebagai manusia, tentunya juga harus mawas diri. Harus mau melakukan koreksi terhadap diri sendiri. Jika koreksi telah baik, maka hal itu tentunya baik untuk di internalisasi kepada orang lain, sehingga juga menjadi seseorang yang baik.

"Bagi yang pernah menjabat dan kemudian jabatannya berganti, tetap biasa dan tetap melakukan kehidupan ini normal dan tidak ada yang perlu dirisaukan. Untuk para dosen dan pegawai, anda tidak mungkin akan mendapatkan hak-hak, jika anda sendiri tidak berjuang. Pasti akan menghadapi masalah ketika anda lemah," terangnya.

2

Sementara itu, Rektor baru, Prof Zainuddin menyampaikan, rasa terimakasih terhadap Prof Haris atas dedikasi dan pengabdian selama ini untuk membangun UIN Maliki Malang. Atas upayanya, prestasi demi prestasi banyak diraih hingga menjadikan UIN Maliki Malang berprestasi dan bereputasi.

"Semoga amal baik Prof Haris dan tim diterima Allah SWT sebagai amal soleh dan jariyah mengalir pahalanya," jelasnya. 

Selain itu, pria yang sebelumnya menjabat menjadi Wakil Rektor 1 bidang akademik ini, juga menyampaikan permohonan maaf kepada Prof Abdul Haris, bilamana selama mendampinginya saat menjadi pimpinan masih banyak kekurangan-kekurangan ataupun kesalahan diberbagai sisi.

Lebih lanjut dijelaskannya jika pergantian pimpinan merupakan sebuah hal yang biasa dan lazim dalam sebuah institusi. Hari ini merupakan momentum bersejarah dimana dilakukan Sertijab Rektor periode 2017-2021 kepada Rektor periode 2021-2025. 

"Menteri Agama mempercayai saya untuk melanjutkan kepemimpinan yang sebelumnya. Hal ini bukan hal mudah. Ini merupakan amanah dan kepercayaan yang mesti dipertanggungjawabkan, sehingga harus dijalankan dengan baik," paparnya.

Periode ini merupakan periode yang tidak ringan. Periode 2021-2025 ini merupakan periode ketiga untuk menjadikan pendidikan tinggi diakui menjadi pendidikan bereputasi internasional.  Seluruh pihak, baik dari pimpinan hingga cleaning servis, memiliki peran dalam upaya memajukan lembaga UIN Maliki Malang.

"Periode ini tidak mudah. Apalagi di masa pandemi Covid-19. Perlu kerja keras yang penting lagi perlu sinergitas dengan berbagai pihak, dan menjaga kohesivitas diantara kita semua. Seorang Rektor atau memimpin tidak bisa bekerja sendiri tetapi harus didukung, dicintai oleh jajaran dan koleganya. 

Topik
Rektor BaruRektor UIN MalangUIN Maliki MalangProf Abdul Harissea games vietnam 2021
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru