Bamsoet Ungkap Sosok Akidi Tio, Pernah Bersumpah Jika Kaya Raya akan Sumbang Rakyat Palembang

Jul 30, 2021 09:55
Sosok Akidi Tio (Foto: Instagram @bambang.soesatyo)
Sosok Akidi Tio (Foto: Instagram @bambang.soesatyo)

INDONESIATIMES - Nama pengusaha Akidi Tio belakangan ini ramai diperbincangkan. Hal itu karena Akidi Tio yang telah memberikan sumbangan Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel). 

Setelah mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, kini giliran Ketua MPR Bambang Soesatyo yang mengungkap sosok dermawan itu. Melalui video yang diunggah di akun Instagram resminya @bambang.soesatyo, Bamsoet menceritakan sosok Akidi Tio yang pernah hidup di Palembang dengan memulai usaha kecap dan akhirnya memiliki pabrik kecap.

"Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim," tulis Bamsoet, dikutip Jumat (30/7/2021).

Selain itu, Akidi Tio juga adalah seorang pengusaha tambang batu Dolomit yaitu bahan pembuat pupuk.

Bamsoet menambahkan Akidi dulunya hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya raya pada era Presiden Soekarno. Diketahui, paman Akidi merupakan Menteri Perdagangan di Singapura.

Ketika hidup, Akidi Tio sempat bersumpah kepada Thong Ju jika dia menjadi kaya, maka akan memberikan sumbangan kepada rakyat Palembang.

"Dan terbukti, janjinya ditepati melalui wasiat anak cucunya," tambah Bamsoet.

Tak cuma itu, Bamsoet juga mengatakan bahwa Akidi selalu menyumbang dengan nama "hamba Allah". 

"Ternyata dialah penyumbang terbesar di Sumsel dan Indonesia baik itu panti asuhan yatim, orang cacat, buta dll. Selalu pake No Name atau Hamba ALLAH," tutur Bamsoet. 

Selain itu, fakta yang cukup mengejutkan yakni Akidi Tio adalah orang ke-2 sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates. 

Tak ayal, unggahan Bamsoet itu banyak mendapat berbagai komentar dari warganet. Mereka salut dengan sosok Akidi Tio yang tidak mengumbar kekayaan dan tidak mau disebut namanya saat memberikan sumbangan. 

@athallahadhipatialfarras: "Ini baru namanya orng baik....,ngk umbar2 kekayaan tiba2 nyumbang 2 T.hebatttttt.....memng."

@idik_edokamal: "Selama ini beliau gk pernah "eksis pamer harta".. tiba2.. Sedekah 2T.."

@ulfanamaria418: "gak kedengaran pamer harta, tapi nyumbangx gila bener. gimana yang sering pamer."

@ekaefendi7060: "Berkah Barokallah ya Bapak Akidi Tio, ladang amal Ibadah untuk Bapak sekeluarga dan keturunan nya."

Topik
data vaksinasi kabupaten malangpenyumbang 2 triliunjamur hitamhibah akidi tio
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru